Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penanganan Anak Kelinci yang Baru Lahir

Penanganan Anak Kelinci yang Baru Lahir

Memelihara Kelinci. Kondisi anak kelinci yang masih berusia kurang dari dua bulan membutuhkan penanganan khusus. Kondisi tubuh yang masih rentang dan rawan terhadap berbagai macam gangguan akan mebuat resiko kematian meningkat. Berikut ini beberapa tips untuk langkah-langkah antisipasi pada anak kelinci yang baru lahir.
  • Pemeriksaan anak kelinci
  • Memastikan keselamatan anak kelinci
  • Memindahkan anak kelinci (Kondisi khusus pada kelebihan jumlah bayi)
tips dan cara Penangan Anak Kelinci yang Baru Lahir agar sehat

A. Pemeriksaan anak kelinci

Pengecekan pada anak kelinci harus diberikan untuk memastikan bahwa anda merawat anak kelinci yang hidup agar usaha anda tidak sia-sia. Pengecekan dilakukan dengan tujuan untuk memastikan kondisi kesehatan kelinci, cacat atau bahkan kelinci mati. Pengecekan dilakukan pada waktu tertentu. Induk kelinci akan meninggalkan anak kelinci yang baru lahir di dalam kandang tempat kelinci bersalin. Lakukan pengecekan pada saat induk kelinci tidak dengan anak kelinci dan sebisa tidak meninggalkan bekas pada saat melakukan pengecekan.

Kondisi bayi kelinci mati pasca melahirkan adalah kasus yang paling sering muncul. Jika anda menemukan bayi kelinci mati sebaiknya segera diambil dan ditanam. Pisahkan dengan induk kelinci karena dan anak kelinci yang lain terhindar dari serangan yang mungkin dibawa oleh mayat kelinci.

B. Memastikan Keselamatan Anak Kelinci

Memastikan keselamatan kelinci tidak hanya dilakukan oleh induk kelinci, pemilik kelinci juga memiliki kewajiban menjaga keselamatan bayi kelinci. Adapun cara memastikan keamanan bayi kelinci sebagai berikut:
  1. Pastikan keamanan dari kandang tempat bayi kelinci dirawat. Hindari dari panas siang hari namun tetap mendapatkan panas dari matahari pagi serta dari jangkuan hewan liar yang bisa saja memangsa kelinci
  2. Pastikan sirkulasi udara dari kandang kelinci dan tidak sumpek. Sirkulasi udara yang jelek membuat virus dan jamur lebih cepat mengendap dan tentu saja akan mengganggu kesehatan kelinci.
  3. Sterilisasi kandang kelinci dengan disinfektan yang ramah terhadap kelinci perlu dilakukan paling tidak satu minggu sekali.
  4. Kebersihan kandang kelinci dari kotoran yang mengendap atau paling tidak rancanglah kandang kelinci agar kotoran kelinci dapat langsung terbuang.
  5. Pastikan kebutuhan makanan dan juga air minum kelinci terjamin selama proses perawatan kelinci oleh induk kelinci. Kekurangan pakan dapat membuat induk kelinci menjadi kanibal.

C. Memindahkan anak kelinci 

Memindahkan anak kelinci sangat diperlukan terutama pada kelinci dengan jumlah anak lebih dari 6 ekor. Kelinci subur mampu melahirkan anak 6 sampai delapan ekor sekali proses persalinan namun terkadang juga ditemui kelinci dengan jumlah anak hingga 12 ekor. Puting susu induk kelinci hanya delapan oleh karena untuk kelinci dengan jumlah anak yang lebih mau tidak mau, peternak kelinci harus menangani sendiri kelebihan jumlah bayi kelinci tanpa induk. Prosedur penitipan pada induk kelinci lain boleh dilakukan namun perlu dicatat agar induk kelinci yang dititipi memiliki anak dengan usia yang relatif sama dengan bayi kelinci yang dipindahkan.

Posting Komentar untuk "Penanganan Anak Kelinci yang Baru Lahir"