Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Pencegahan Kelinci Kanibal

Penyebab dan Pencegahan Kelinci Kanibal

Merawat Kelinci. Beberapa gejala aneh yang paling sering ditemui oleh para peternak kelinci adalah kelinci Kanibal terutama pada saat Induk baru saja melahirkan anak kelinci. Kasus Kelinci menjadi kanibal bukanlah kasus yang bisa dianggap sepele karena tergolong pada kategori sering dan sangat mengganggu laju pertumbuhan dan perkembang biakan kelinci. Kasus Kelinci kanibal akan semakin besar pada peternak kelinci pemula dan juga kelinci dan juag peternak kelinci di Kota Besar, padahal kelinci adalah hewan Herbivora.

Kasus Kelinci kanibal bukanlah hal wajar terjadi namun dalam keadaan tertentu kelinci kanibal tetpa mungkin muncul. Beberapa sumber dan hasil penyeledikan yang dilakukan asosiasi peternak kelinci menemukan dua hal penyebab utama kelinci menjadi kanibal yakni Pakan yang buruk pada masa hamil dan juga pakan kelinci yang buruk.

Menurut ahli, keadaan kelinci kanibal disebabkan oleh insting bertahan hidup dari kelinci jika saja ketersediaan pakan dari kelinci tidak terjamin baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Hal ini diperburuk dengan perubahan keadaan fisiologis pada saat kelinci sedang dalam masa hamil. Kondisi kehilangan banyak tenaga pada saat melahirkan membuat kelinci membutuhkan asupan energi lebih, jika kondisi pakan yang tidak mencukupi kemungkinan kelinci menjadi kanibal bertambah. Kelinci Kanibal adalah alasan klise untuk mencukupi kebutuhan gizi mengingat masa merawat anak membutuhkan energi lebih seperti nutrisi yang dapat menghasilkan atau membantu memproduksi susu.

Cara Merawat dan memelihara kelinci

Solusi Untuk Kelinci Kanibal

Solusi utama untuk kelinci kanibal adalah menyediakan makan cukup atau bahkan lebih karena kelebihan makanan pada kondisi merawat anak bukanlah hal yang merugikan. Kecenderungan obesitas akan berkurang pada saat kelinci sedang melahirkan. Sediakan pakan berlebih terutama rumput hijau atau rumput timhoti yang memiliki tekstur pakan yang sangat cocok untuk sistem saluran pencernaan kelinci. Jika perlu dalam keadaan ternetu sediakan beberapa jenis pakan tambahan seperti ubi jalar yang mengandung banyak karbohidrat bagi kelinci. Pemberian tambahan multi vitamin seperti vitamin A, B, E dan K adalah saran yang paling tepat dan tidak lupa untuk menyediakan air yang bersih.

Kelinci Kanibal bukanlah sebuah penyakit pada kelinci melainkan gangguan kejiwaan karena kesalahan penanganan serta perawatan kelinci. Peternak adalah satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas gangguan kelinci Kanibal dan jika tidka ditangani pertumbuhan kelinci anda akan sangat terganggu. Segera ambil langkah kongkrit dan juga berkonsultasi pada peternak yang lebih senior serta berpengalaman akan mengurangi kemungkinan dan risiko dari Kelinci Kanibal.

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Pencegahan Kelinci Kanibal"