Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Pencegahan Kembung Pada Kelinci Malas Makan

Penyebab dan Pencegahan Kembung Pada Kelinci Malas Makan

Memelihara Kelinci. Suatu ketika saya sedang duduk di kandang kelinci seorang teman saya datang bertanya karena ia adalah peternak kelinci pemula di bidang peternakan kelinci sehingga ada banyak yang saya ajarkan kepadanya meskipun hanya berdasarkan pengalaman saya selama beternak kelinci. Ia sering bercerita tentang masalah yang ia temukan dan saya selalu berhasil memberikan jawaban namun tidak berarti memberikan solusi yang benar mengenai kelinci yang ia pelihara

Masalahnya kali ini adalah kelinci teman yang berusia 3 bulan mengalami gangguan pencernaan padahal seluruh prosedur memelihara kelinci seperti kandang yang bersih dan makanan yang melimpah. Setelah saya berkunjung kekandangnya saya menemukan kondisi pelet dan rumput yang diberikan sebagai pakan kelinci dalam keadaan baik. Menurut pengakuannya ia juga memberikan selingan berupa wortel namun suatu ketika kelincinya tiba-tiba malas makan. Keadaan malas ini diikitui dengan kaki depan sangat rapat dan perut dalam keadaan kembung. Kelinci ini masih tetap makan namun hanya dalam jumlah yang terbilang sedikit. Kelinci ini dalam keadaan perut Kembung menurut diagnosa saya sementara.

kelinci cantik Penyebab dan Pencegahan Kembung Pada Kelinci Malas Makan


Penyebab Kelinci Kembung

Perut kembung adalah hal yang sangat mengganggu pada saat memelihara kelinci terutama kelinci pedaging. Berat kelinci akan berkurang secara drastis padahal disebabkan oleh hal yang sangat sepele, sayangnya kelinci tidak suka diolesi dengan minyak kayu putih dan juga tidak ada efek yang jelas mengani minyak kayu putih terhadap kelinci. Masalah kelinci kembung ini paling sering menyerang kelinci dengan usia 2 sampai dengan 3 bulan. Padahal rentang usia ini adalah rentang usia yang paling menetukan perkembangan kelinci berikutnya, jika kelinci tersebut betina, makan proses perkembangbiakan akan sangat tertanggu.

Serangan dan gangguan sistem pencernaan pada kelinci sangat rentang karena sistem pencernaan kelinci yang sangat lemah. Gangguan ini akan berujung pada penyimpangan perilaku seperti gangguan perkembangan hormonal pada kelinci dan juga sering mengganggu kelinci lain. Nafsu akan yang kurang seimbang akan berpengaruh pada laju pertamabahan massa kelinci. Makanan yang kurang mengandung serat akan mengganggu sistem pencernaan yang ada di usus besar oleh karena pemberian rumput Timhoti adalah hal yang paling tepat untuk menjaga kesehatan kelinci dan tetap lincah.

Pemberian jenis pakan yang tidak baik dan kualitas rendah adalah faktor utama yang menyebabkan kelinci anda mengalami perut kembung. Kasus ini juga bertambah banyak pada peternak yang memberikan pakan utama berupa pelet dan sayur kangkung yang mengandung banyak gas. Meskipun pelet mengandung banyak karbohidrat namun bukan berarti seluruh karboohidrat tersebut diserap oleh tubuh kelinci. Kebanyakan makanan tersebut mengendap diusus besar dan berubah menjadi gas. Meskipun pemberian pakan berupa pelet tidak berbahaya akan tetapi pemberian dalam waktu lama sangat berpengaruh terhadap perkembangan kelinci dan sistem pencernaan kelinci.

Gangguan kelinci kembung menjadi masalah yang sering ditemukan menyerang seluruh koloni karena peternak memberikan pola pakan yang sama keseluruh kelinci. Hal ini yang membuat penyakit kembung terlihat seolah-olah wabah penyakit padahal perut kembung bukanlah sejenis wabah. Memperbaiki pola makanan dan juga pemberian rumput adalah hal yang paling utama. Jangan ragu dan termakan mitos yang tidak bertanggung jawab bahwa kelinci lebih menyukai kangkung dibandingkan dengan rumput. Ingat Doyan makan kangkung bukan berarti Kangkung adalah makanan sehat.

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Pencegahan Kembung Pada Kelinci Malas Makan"