Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih dan Mengetahui Ciri-Ciri Bibit Kelinci Ternak yang Baik dan Benar

Cara Memilih dan Mengetahui Kriteria Bibit Kelinci Ternak yang Baik dan Benar

Kelinci Hare. Salah satu faktor penentu keberhasilan beternak kelicni adalah pemilihan bibit dan induk kelinci yang baik dan benar. Hal ini terkait dengan kualitas bibit kelinci yang digunakan sebagai breeder. Pemilihan bibit yang baik juga perlu didukung oleh penataan dan pengelolahan ternak kelinci juga menjadi faktor yang mempengaruhi kuantitas dan kualitas produksi ternak kelinci. Tujuan dari pengembangbiakkan kelinci adalah mengahsilkan keturunan dengan kriteria unggul dan dapat berkembang biak dengan cepat, tahan terhadap perubahan cuaca dan lingkungan serta kemampuan pertumbuhan berat badan yang cepat.

Cara Memilih dan Mengetahui Ciri-Ciri Bibit Kelinci Ternak yang Baik dan Benar melahirkan banyak

Kriteria Bibit Kelinci yang Baik

Langkah pertama yang dilakukan untuk mengindetifikasi bibit kelinci yang baik adalah melihat penapilan fisik kelinci. Adapun ciri-ciri fisik, fisiologi dan morofologi kelinci ternak yang baik adalah sebagai berikut:
  • Kepala Kelinci - Kepala kelinci secara umum memiliki proporsional yang seimbang dengan bentuk badan kelinci tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.
  • Telinga Kelinci - Kelinci pedaging dengan tujuan produksi untuk ditandai dengan telinga yang panjang, lebar dan juga besar akan tetapi untuk kelinci kecil harus memiliki kelinci yang kecil pula.
  • Mata Kelinci - Mata kelinci yang bagus adalah kelinci dengan bentuk mata bulatm bersih, tidak terdapat banyak belek dan juga bercahaya.
  • Hidung Kelinci - Hidungkelinci sehat yang baik tidka basah dan tampak kering, hal yang perlu diperhatikan adalah bagian ujung kelinci yang tidak terdapat kotoran dan juga kurap.
  • Bentuk Badan Kelinci - Bentuk kelinci pedaging yang sehat adalah kelinci yang memiliki badan yang memanjang, padat dan lebar. Bidang dada lebar serta tulang pinggan yang lebar.
  • Ekor Kelinci - Ekor kelinci sehat dan baik berdiri keatas dan seolah-olah menempel di bagian punggung.
  • Kaki Kelinci - Kaki kaki kelinci terlihat simteris dan berbebtnuk sempurna. Kaki bagian kiri dan kanan juga tampak sejajr dengan badan dan sesuao dengan postur tubuh kelinci.
  • Bulu Kelinci - Bulu kelinci sehat memiliki warna cahaya dan sedikit berkilau ketika di terpa cahaya. Tidak terdapat bulu rontok atau bagian pitak karena seranga scabies
Selain dari kriteria secara umum dari bentuk fisi dari kelinci yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa kriteria khusus yang perlu dipenuhi agar kelinci tumbuh dan dapat berkembang biak dengan cepat. Adapaun kriteria khusus tersebut adalah sebagai berikut:

a. Kelinci Indukan
  1. Induk kelinci yang baik dapat melahirkan anak kelinci paling tidak 6 kali dalam setahun atau sekali sebulan
  2. Setiap kali melahirkan dapat berjumlah 6 ekor
  3. Jumlah anak yang bisa disusui hampir sama dengan jumlah puting susu
b. Calon Induk dan Pejantan kelinci
  1.  Bobot kelinci diatas rata-rata kelinci dengan usia yang sama namun tidak terlalu besar karena obesitas
  2. Libido kelinci tinggi
  3. Lincah dan aktif
  4. Tidak kanibal atau riwayat kanibal selama proses persalinan

2 komentar untuk "Cara Memilih dan Mengetahui Ciri-Ciri Bibit Kelinci Ternak yang Baik dan Benar"