Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Cara Mudah Memilih Induk Kelinci

Tips dan Cara Mudah Memilih Induk Kelinci

Merawat Kelinci. Memiliki keputusan untuk beternak kelinci memang dibutuhkan dukungan yang kuat baik dari segi modal dan juga pengetahuan mengenai tata cara beternak kelinci. Jika mengembangbiakkan kelinci adalah suatu keharusan maka memilih induk kelinci yang tepat adalah suatu hal yang bersifat mutlak dilakukan oleh peternak kelinci, sayangnya bentuk dari kelinci masih sedikit susah untuk diidentifikasi jika kita sudah berada di sentra produksi kelinci atau di tokoh hewan yang menjual bibit kelinci, nah dari itu berikut ini tips dari Kelinci Hare pada sat anda berniat untuk membeli induk kelinci.

Tips dan Cara Mudah Memilih Induk Kelinci lucu dan imut

Kriteria Induk kelinci yang baik adalah sebagai berikut:

1. Kesehatan
Pada saat memilih calon induk, kesehatan adalah factor utama yang menjadi prioritas. Kesehatan yang buruk akan mengakibatkan kelinci lain tertulat pada saat proses perkawinan atau bahkan kematian pada saat masa kehamilan pada kelinci sedang terjadi. Ciri-ciri kelinci hamil akan selalu tampak segar dan tidak memiliki lendir berlebih turutama pada daerah mata dan hidung. Periksa bagian anus dari kelinci jika terdapat sisa kotoran atau bentuk kotaran tidak padat jangan dijadikan sebagai indukan. Hal ini mengindikasikan adanya gangguan pencernaan. 

2. Keturunan
Keturunan adalah garis atau galur dari induk kelinci. Perbedaan galur akan mengakibatkan variasi gen yang bisa berdampak baik namun bisa juga berdampak buruk. Beberapa jenis kelinci dari galur yang berbeda bisa jadi tidak akan melakukan proses perkawinan, oleh karena pastikan garis keturunan dari kelinci anda. Upayakan garis kelinci berasal dari induk yang sejenis

3. Badan
Pengalaman menujukan kelinci dengan badan yang agak bulat dengan dada yang lebar mampu merawat anak kelinci dengan baik. Ukuran dada yang baik sebenanya tidak terlalu menonjolkan gunakanlah pertimbangan anda untuk membandingkan kerumitan dari ukuran dada dan ukuran kepala kelinci. Perhatikan bentuk dan proporsionalnya.

4. Bulu
Induk kelinci yang baik memiliki bulu yang baik pula, namun perlu diperhatikan bulu yang baik bukan berarti bulu yang cantik. Bulu yang baik biasanya halus. Untuk memeriksa keadaan bulu, eluslah kelinci dan rasakan jika ada tonjolan pada kelinci anda. Bila terdapat tonjolan kasar bisa jadi kelinci tersebut terserang scabies.

5. Tingkah kelinci
Kelinci yang sehat dan siap untuk dikawinkan adalah kelinci yang memiliki tingkah laku yang lincah, namun tidak agresif. Agresif berarti kelinci senang menyerang kelinci sedangkan lincah bisa diartika kelinci bergerak aktif. Perhatikan hal tersebut jika kelinci dalam keadaan pasif kemungkinan besar kelinci sedang dijangkiti penyakit atau bisa juga stress. Hindari kelinci yang sedang hamil dan perhatikan kondisi kelinci yang sedang birahi akan mempercepat proses perkawinan kelinci

Posting Komentar untuk "Tips dan Cara Mudah Memilih Induk Kelinci "