Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Kelinci Hamil

Ciri-ciri kehamilan pada Kelinci


Merawat Kelinci,- Pada saat proses perkawinan kelinci, sangat sulit untuk mendeteksi apakah proses perkawinan berlangsung dengan sukses atau tidak. Proses ini baru dapat diketahui paling cepat dalam waktu 7 hari pasca proses perkawinan dilakukan. Meskipun demikian masih banyak angka ragu-ragu yang muncul pada kondisi, namun tetap harus di-antisipasi jangan sampai kita menyatukan dua kelinci yang sedang hamil karena kelinci hamil lebih agresif dan sensitif. Oleh karena ada baiknya untuk mengetahui tanda-tanda kelinci yang sedang hamil.

Dibutuhkan keahlian dan pengalaman yang baik untuk mengetahui ciri-ciri kelinci yang sedang hamil. Peternak yang sudah berpengalaman pasti mengetahui ciri-ciri kelinci hamil baik secara fisik maupun dengan naluri, namun tidak demikian dengan peternak pemula, dibutuhkan perhatian lebih untuk mengetahui kondisi dan status kehamilan pada kelinci anda. Usia kehamilan pada hari ke 14 bisa dibilang adalah waktu yang paling tepat untuk mengetahui kelinci kelinci hamil atau tidak secara pasti. Pada usia ini kelinci biasanya menunjukkan tanda-tanda sebagai berikut:
  1. Mulut berubah warna menjadi kemerah-merahan
  2. Tanda-tanda kelinci stres terkadang muncul seperti kelinci mulai mengorek-ngorek kandang. Jika bagian alas kandang terbuat dari tanah, maka secara naluri kelinci hamil akan mencoba membuat lubang persembunyian. Kondisi akan terus memburuk hingga usia 17 hari.
  3. Kondisi kelinci hamil akan cenderung cepat lapar dan makan kelinci dalam porsi yang banyak. Dibutuhkan keterampilan khusus untuk mengetahui porsi makan dari kelinci anda. Kondisi ini juga harus dibarengi dengan perhatian. Jangan biarkan kelinci anda dalam keadaan lapar dalam waktu yang cukup lama.
  4. Pada usia 17 hari, bentuk perut dari kelinci sudah menunjukkan perbedaan dengan kelinci yang tidak hamil. Puting susu pada bagian bawah perut juga mulai terisi dengan air susu. Hati-hati dalam meraba bagian perut, kelinci hamil lebih agresif dan suka mencakar dengan kukunya.
Perhatikan kondisi kelinci dan kebutuhan tentang kelinci hamil. Pada umumnya pemberian kotak sebagai ruang bersalin kelinci dilakukan pada hari ke 25. Hari-hari ini akan semakin berat dan membuat kelinci mengalami banyak tanda-tanda kehamilan seperti benjolan merah pada hidung kelinci.

Ciri Ciri Kelinci Hamil tanda kehamilan pada kelinci


Proses perkawinan dikatakan gagal jika pada minggu ke 3 sampai ke empat tanda-tanda yang disebutkan di atas tidak juga muncul. Hal ini bisa jadi dipengaruhi oleh kondisi induk yang belum siap hamil atau masih terlalu mudah.

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Kelinci Hamil"