Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Mengajarkan Kelinci Minum Dari Botol Air Minum

Cara Memberi Kelinci Air Minum

Kelinci Hare - Kelinci merupakan hewan yang memiliki sistem pencernaan yang kompleks, sehingga praktis kelinci membutuhkan suplay makanan berkualitas tinggi seperti jerami dan air. Kelinci yang tidak mendapatkan asupan makanan dan air yang cukup akan mengakibatkan gangguan pencernaan dan memicu banyak penyakit. Kondisi ini tentu saja dapat mengancam keselamatan Kelinci atau berdampak pada kematian kelinci.

Hal ini membuat para pemelihara dan peternak kelinci harus memberikan Supply makanan dan air minum yang kontinue pada Kelinci. Salah satu hal yang sulit dipastikan adalah menyediakan air pada kelinci. Berikut ini ada beberapa cara sederhana agar suplay air tersedia 24 jam.

Cara Memberi Kelinci Air Minum

Mangkok Air dan Botol Sipper. 

Kelinci pada umumnya bisa minum dengan cara menjilat dari sumber air, seperti cara minum kucing. Hal ini membuat kelinci peliharaan bisa minum lebih banyak dari mangkok air, namun bukan berarti satu-satunya cara kelinci peliharaan minum air hanya dari mangkok. 

Kerugian Mangkuk air
Kelinci merupakan salah satu hewan yang suka mengacak-ngacak kandangnya, menyediakan mangkok air di kandang kelinci juga berpeluang membuat mangkuk air tersebut terhempas. Agar lebih aman, mangkok air yang disediakan harus kuat dan terbuat dari bahan berat seperti keramik atau logam anti karat. 

Hindari penggunaan mangkok air dari plastik karena gigi kelinci cukup kuat untuk mengunyah wadah tersebut. Selain dari bahan, mangkok air punya beberapa kelemahan lain seperti makanan yang terjatuh di mangkok air. JIka dibiarkan membusuk makanan ini akan memicu jamur. Bakteri dan virus juga bisa tumbuh subur di genangan air dengan wadah terbuka. 

Botol Sipper
Kelinci adalah salah satu hewan yang bisa diajari minum dari botol air minuman berbentuk sipper. Caranya cukup dengan membiasakan kelinci untuk minum dari zipper. 

Salah satu tipsnya adalah dengan melumuri ujung botol dengan pisang. Bau pisang tersebut akan membuat kelinci tertarik menjilat botol air sehingga  Kelinci bisa belajar minum sendiri. Hindari menggunakan pisang dalam jumlah banyak agar terhidarn dari jamur. 

Jika kelinci sudah terbiasa minum dengan botol air minuman, segera hentikan penggunaan pisang dan hanya dengan air. Tips lainnya gunakan botol sipper dari logam gara tidak terkunyah oleh kelinci. Gigi Kelinci cukup tajam untuk mengunyah pelastik.

Jaga agar tetap bersih
Pastikan air yang diberikan ke kelinci tetap bersih dan bebas dari logam larut. Jangan biarkan air dalam botol lebih dari 24 jam, gantilah air di dalam botol paling tidak sehari sekali. Jangan lupa cuci alat minum kelinci rutin dengan air panas untuk mencegah pertumbuhan bakteri, agar lebih aman, gunakan botol sipper dengan bahan perak yang memang sudah tahan bakteri.

Memberi Makan Daun Hijau Harian
Berikan kelinci Anda sayuran hijau segar, seperti selada romaine, setiap hari untuk membantu asupan air. Aturan umum adalah untuk setiap 5 pon berat kelinci Anda, tawarkan minimal 4 cangkir sayuran hijau segar. Bilas sayuran hijau dan sajikan basah untuk membantu asupan air.

Konsultasikan dengan Dokter Hewan Kelinci-Cerdas

Jika kelinci menolak untuk makan atau minum, yang mungkin mengindikasikan gejala penyakit segera konsultasikan dengan dokter hewan.

Dokter hewan dapat menginstruksikan Anda untuk memberi kelinci Anda air atau Pedialyte tanpa pemanis dengan jarum suntik dan akan memberi tahu Anda seberapa sering dan berapa banyak yang harus diberikan.

Untuk memberi kelinci Anda air dengan suntik/spoid:
  • Masukkan suntik/spoid dengan lembut ke mulut kelinci di belakang gigi seri.
  • Lepaskan suntik/spoid perlahan-lahan, pegang dengan menyamping agar air tidak masuk ke trakea kelinci.
  • Biarkan kelinci Anda waktu yang cukup untuk menelan air atau, sebelum memberi kelinci makanan.

Posting Komentar untuk "Tips Cara Mengajarkan Kelinci Minum Dari Botol Air Minum"