Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jerami dan Hay Sebagai Pakan Alami Kelinci

Jerami Sebagai Pakan Alami Kelinci

Memelihara Kelinci - Kelinci hias dan kelinci ternak pada dasarnya adalah keluarga dari kelinci liar, jadi tentu saja kelinci tersebut sedikit banyaknya akan menampilkan perilaku alami dari kelinci liar. Salah satu pola alami yang sering muncul dan dibutuhkan kelinci adalah pola makan kelinci liar di alam bebas. 

Adapun pola pakan alami dari kelinci adalah : 
  1. 85% jerami atau rumput
  2. 10% sayuran hijau
  3. 5% pelet atau nugget yang diekstrusi (sekitar satu cangkir penuh)

Mengapa rumput atau jerami sangat penting?

Rumput sangat disukai kelinci karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan kelinci. Selain itu Rumput atau Hay mengandung banyak serat yang sangat baik untuk pencernaan kelinci. Para hobiis dan peternak kelinci, jerami disebut juga dengan Hay yang merujuk pada rumput segar, rumput kering dan jerami. 

Jerami juga sangat bagus bagi gigi kelinci agar tetap rapi. Hal ini dibutuhkan karena gigi kelinci akan tumbuh terus menerus. Hal ini membuat kelinci harus rajin-rajin mengunyah untuk mengasah giginya.

Kandungan Nurtisi dari Hay:
  1. Serat : 30 %
  2. Protein : 12 -15 %
  3. Mineral
  4. Rendah lemak dan gula
Jerami Sebagai Pakan Alami Kelinci


Hay mengandung cukup banyak serat. Ukuran serat dari batang jerami sangat panjang dan tidak ada hubungan dengan panjang batang jerami itu sendiri. Hal yang lebih penting dari pakan Hay / Jerami membuat kelinci harus mengunyah ke kiri dan ke kanan. Hal ini sangat baik untuk kesehatan gigi kelinci.

Tidak seperti manusia, Gigi Kelinci tumbuh sepanjang hidup mereka. Mengunyah Hay dan Jerami membuat gigi kelinci tergerus secara alami, sehingga bentuknya cukup sehat untuk mulut kelinci. Jika gigi kelinci yang tidak terasah akan tumbuh panjang dan membuat mulut kelinci terusuk giginya sendiri.

Banyak kelinci yang mati kelaparan karena terjadi peradangan di mulut akibat gigi kelinci yang panjang dan tidak terasah secara alami. Gejala ini juga dikenal dengan nama Anoreksia.

Hay juga sanat bagus bagi usus kelinci karena jenis rumput ini meruapkan pakan alami dari kelinci. Hay juga jenis makanan yang tidak membuat kelinci obesitas meskipun dimakan sepanjang hari.

Tips Membeli Jerami
  • Jerami yang kering
  • Tidak terdapat bau menyegat
  • Tidak ada jamur
  • Tidak mengandung pasir

Membeli jerami kering bisa dilakukan secara online atau mengunjungi pertanian lokal. Para petani biasanya menyimpan Jerami kering di rumah sebagai pakan cadangan bagi ternak besar seperti sapi dan kambing. 

Posting Komentar untuk "Jerami dan Hay Sebagai Pakan Alami Kelinci "