Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda-Tanda Sedang Birahi Kelinci dan Siap Dikawinkan

Tanda-Tanda Sedang Birahi Kelinci dan Siap Dikawinkan

Memelihara Kelinci. Pada saat memelihara kelinci, tentu saja mengawinkan kelinci adalah salah satu prosesi yang paling ditunggu-tunggu. Kelinci hamil akan membawa harapan baru bagi para peternak. Namun pada hal yang sama banyak pemelihara kelinci yang tidak begitu paham tentang tata cara mengawinkan kelinci. Langkah awal yang harus pemerhati kelinci perhatikan adalah mengetahui tanda-tanda kelinci sedang birahi atau siap untuk dikawinkan. Kelinci jantan selalu siap untuk dikawinkan ketika ia tumbuh dewasa namun berbeda dengan kelinci yang periode tersendiri seperti oleh karena mengenal tanda-tanda kelinci siap kawin sangatlah penting.

Tanda-Tanda Sedang Birahi Kelinci dan Siap Dikawinkan kelinci lucu

Pengalaman dari teman-teman peternak, kelinci betina sudah mulai dapat dikawinkan pada usia 5.5 bulan. Proses perkawinan kelinci tentu saja tidak berjalan dengan mulus, terkadang kelinci betina sedikit agresif karena belu memiliki pengalaman dalam hal ini, oleh karena dibutuhkan pengulangan jika saja kelinci gagal melakukan perkawinan. Untuk memudahkan proses tersebut berikut ini tanda-tanda kelinci betina yang sedang birahi dan siap untuk dikawinkan.
  1. Kelinci tampak gelisah dan selalu berusaha mendekati kelinci jantan
  2. Kelinci betina suka menggosokkan dagunya ke sesama kelinci betina
  3. Vulva berubah warna menjadi merah jambu bahkan merah dan tapak basah.
Mengenali ciri-ciri ini untuk kelinci sangat penting karena sangat membantu proses pemijahan. Memaksakan kelinci dengan warna vulva putih bisa dipastikan mengakibatkan kegagalan dalam proses mengawinkan kelinci bahkan pada kondisi yang paling buruk, kelinci jantan dan kelinci betina akan saling berantem.  Jika proses ini terjadi pisahkan kelinci jantan dan betina kemudian satukan lagi setelah 2 sampai 3 hari. Periode masa subur kelinci berlangsung selama 14 hari.

Posting Komentar untuk "Tanda-Tanda Sedang Birahi Kelinci dan Siap Dikawinkan"