Jenis-Jenis Makanan Terbaik untuk Ternak Kelinci

Jenis-Jenis Makanan Terbaik untuk Ternak Kelinci

Ternak Kelinci. Jika anda sedang berencana untuk memelihara binatang apapun baik sebagai hobi maupun membuka peternakan, Makanan adalah hal utama yang harus dipertimbangan masak-masak. Tidak hany adari segi kuantitas, kualitas dari makan juga harus dijaga karena makanan adalah salah stau faktor utama yang menjaga pertumbuhan hewan ternak anda.

Hal serupa jug aterjadi dalam pemeliharaan kelinci. Kelinci jenis apapun harus diberi makan dengan baik dan benar. Salah memberi makan membuat kelinci jadi tidak bisa tumbuh dengan baik. Jika terus menerus mendapatkan makanan yang tidak sesuai makan kelinci akan mengalami malnustrisi dan akhirnya mati.

Pemberian makanan yang tepat dan juga gizi yang seimbang akan menjaga kelinci ternak anda tetap sehat. Selain dari itu menjaga kelinci menjaga kualitas makanan yang telah sesuai dengan petunjuk pemeliharaan kelinci akan membuat biaya yang anda keluarkan untuk pakan menjadi efisien.

Makanan dan Pakan yang Baik untuk ternak Kelinci.

Pada saat anda beternak kelinci, Pakan merupakan bagian yang memakan paling banyak biaya oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan yang mendalam mengenai pakan ternak kelinci untuk menjaga kelinci tetap sehat. Jangan mudah percaya dengan mitos dan cerita yang berkembang mengenai pakan yang baik untuk kelinci tanpa didasari fakta ilmiah dan hasil penelitian dari lembaga yang kredibel di bidang kelinci. Nah Berikut ini adalah hasil risert dari asosiasi kelinci Australia mengenai pakan yang baik untuk kelinci anda.

Rumput, Hay dan Jerami.

Banyak peternak kelinci yang salah menduga mengenai rumput dan jerami sebagai pakan kelinci. Beberapa orang diantaranya bahkan enggan memberi makan kelinci dengan rumput. Mereka beranggapan rumput kurang bergizi dan tidak disukai oleh kelinci sehingga kelinci malas untuk makan rumput.

Kelinci yang sehat harus mendapatkan serat yang cukup sebagai bahan yang membantu pencernaan kelinci tersebut. 80 % dari makanan kelinci harus berasal dari rumput, hay atau jerami, karena makan ini mengandung serat dan membantu melancarkan pencernaan kelinci. Adapun jenis rumput yang paling baik dari kelinci adalah rumput Timothy. Pastikan rumput yang diberikan ke kelinci anda bebas dari pestisida.

Makanan Utama Kelinci rumput Timothy

Sayuran
Pada keadaan tertentu kelinci juga membutuhkan sayur sebagai bahan makanan kelinci. Sayur mampu untuk mencukupi kekurangan gizi yang mungkin tidak terdapat pada hay. Terdapat kesalaha yang fatal yang menganggap sayuran adalah makanan utama dari Kelinci. Kelebihan makan sayur seperti kangkung dan kubis bisa berakibat pada mengencernya kotoran kelinci dan diare. Kelinci yang terserang diare tentunya akan mengalami dehidrasi dan gangguan pencernaan lainnya.

Sayuran sebenarnya berfungsi sebagai sumber kalsium dari kelinci. Sayuran yang baik mengandung sedikit kalsium, pada kasus kembang kol, memiliki kalsium yang sangat tinggi sehingga dapat merusak sistem pencernaan kelinci. Kelinci membutuhkan sayuran dengan kadar kalsium rendah diantaranya adalah daun chicory (180 mg), daun lobak (105 mg), daun dandelion (103 mg), daun kubis (94 mg), peterseli & seledri (78 mg), daun mustard (58 mg), daun bit (46 mg), brokoli (42 mg), selada air (40 mg), selada bokor (38 mg), wortel dan daunnya (30 mg), radijs dan daunnya (28 mg), selada romaine (20 mg), dan daun paprika (6 mg).

Buah-Buahan.
Kelinci tidak makan buah meski di alam liar sekalipun. Hal ini karena pohon apel terlalu tinggi untuk kelinci sehingga sulit untuk mendakinya. Buah-buahan berlaku sebagai cemilan buat kelinci karena hakikatnya buah-buahan tidak cocok untuk kelinci. Hal yang paling merugikan untuk kelinci anda adalah kandungan gula berlebih pada buah, sehingga jika anda ingin memberi cemilan buah pada kelinci, pilihlah buah dengan kandungan gula rendah. Beberapa jenis buah yang biasanya cocok untuk kelinci adalah pisang, nenas, pepaya, apel (buang bijinya) dan kesemek.

Makan Buatan atau Pelet Kelinci.
Pelet adalah makan kelinci paling populer di perkotaan, namun sayangnya popularitasnya tidak sebaik fungsinya. Pelet adalah makanan cadangan untuk kelinci anda jika anda kekurangan rumput. Keseringan memberi makan pelet pada kelinci bisa berakibat pada hilangnya nafus makan terhadap pakan alami alhasil kelinci akan kecanduan dengan pelet yang anda berikan. Berikan pelet sedikit sebagai pelengkap gizi karena pelet didesain dengan kandungan gizi yang mumpuni.

Demikianlah tips dan cara memberi makanan pada kelinci anda. Selamat Beternak Kelinci.

2 Responses to "Jenis-Jenis Makanan Terbaik untuk Ternak Kelinci"

  1. Daun apa sja yg dilarang untk kelinci?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pengalaman yang paling disarankan adalah rumput atau jerami padi karena ke dua pakan banyak serat dan tidak mengganggu pencernaan kelinci seperti pada saat memberikan pakan berupa kangkung

      Hapus