Tips dan Cara Mudah Merawat Anak Kelinci yang Baru Lahir

Tips dan Cara Mudah Merawat Anak Kelinci yang Baru Lahir

Merawat Anak Kelinci. Memelihara kelinci yang paling sulit adalah memelihara kelinci pada usia anakan. Pada usia baru lahir, Kelinci merupakan binatang yang sangat sensitif dan juga lemah oleh karena dibutuhkan perlukan khusus dalam merawat dan menjaga anak kelinci yang baru lahir. Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengawasi anak kelinci yang baru lahir.

Hal yang perlu diperhatikan oleh para peternak dan pemelihara kelinci adalah hal-hal dasar yang bersifat teknis sehingga setiap perubahan yang terjadi pada kelinci akan segera disadari dan dapat diambil tindakan preventive terhadap kematian bayi kelinci. Salah satunya adalah kebiasaan induk kelinci setelah melahirkan akan segera keluar dari sarang untuk mencari makan. Tidak seperti hewan yang lain yang menjaga bayi mereka, Kelinci hanya memberikan susu pada bayi sekitar 5 menit dalam sehari. Hal ini menunjukkan bahwa Bayi kelinci akan rentang terhadap serang predator. Berdasarkan pengalaman, kasus yang paling banyak menimpa peternak kelinci adalah serangan tikus yang masuk dari dalam tanah. Sebagai seorang peternak kelinci, hal yang bisa dilakukan adalah memastikan bentuk kendang kelinci sebelum ditempati oleh sang induk kelinci. Pembangunan kandang dari kolam bata kemudian di isi tanah jauh lebih aman dibandingkan dengan kandang kayu yang masih bisa dikerat oleh tikus.

Ada beberapa rumor di kalangan peternak yang menyatakan bahwa Kelinci adalah hewan kanibal yang memangsa anaknya. Kasus kanibalisme pada ternak kelinci sangat jarang ditemukan, sekalipun ditemukan sang induk biasanya hanya memakan bayi kelinci yang tidak sehat atau memiliki umur yang tidak panjang berdasarkan pertimbangan induk kelinci. Pengalaman dari penyuluhan yang dilakukan oleh dinas peternakan, Sifat kanibalisme adalah sifat alamiah dari kelinci namun tidak perlu dikhawatirkan karena kasusnya sangat jarang dijumpai. Tugas dari peternak kelinci adalah memastikan jumlah pakan untuk si induk cukup sehingga stress pada kelinci dapat dihindari.

Tips dan Cara Merawat Anak Kelinci Baru Lahir
  • Lakukan perawatan dan pemerikasaan dengan tekun terhadap anak kelinci yang baru lahir.
  • Anak kelinci mebutuhkan perhatian dan penjagaan lebih intensif dibandingkan induk kelinci.
  • Melakukan distribusi atau pemindahan anak kelinci yang memiliki jumlah terlalu banyak.
Tips dan Cara Mudah Merawat Anak Kelinci yang Baru Lahir meberi ASi susu pada kelinci

Mengapa harus memperhatikan dan memeriksa anak kelinci dengan tekun.

Kelinci usia 0-10 hari merupakan usia yang paling rentang dimana anak kelinci belum ditumbuhi bulu. Pemeriksaan dilakukan setelah dua hari pasca kelahiran. Pengecekan adalah sebuah kewajiban untuk memastikan anak kelinci lahir dalam keadaan sehat, mati ataupun cacat.

Anak kelinci yang mati akan memunculkan kemungkinan dan potensi menyebarkan penyakit kepada kelinci yang masih hidup. Sebisa mungkin pindahkan anak kelinci yang telah mati. Cara memindahkan anak kelinci juga dibutuhkan keterampilan yakni dengan menjauhkan induk terlebuh dahulu dari anaknya. Induk kelinci diberi umpan makanan agar menjauh dari anaknya baru kemudian anaknya dipindahkan. mengambil anak kelinci ketika induknya masih ada akan membuat induk kelinci menjadi stress dan galak. Pada kondisi tertentu induk kelinci akan berubah jadi kanibal jika stressnya berlebih.
Anak kelinci 0 hari

Menjaga Keselamatan Anak Kelinci yang Baru Lahir

Menjaga keselamatan anak kelinci yang baru lahir merupakan hal yang paling penting dimana kelinci yang baru lahir bisa saja diserang oleh predator seperti tikus dan semut. Memastikan kandang sulit dijangkau oleh predator dan memberikan kehangatan pada kandang hal yang perlu untuk diperhatikan.

Selain dari ancaman predator, Kelinci dewasa terutama induk kelinci memiliki potensi untuk menyerang anak sendiri. Hal ini terjadi bila Induk merasa lapar dan sulit mendapatkan makanan. Menyediakan makanan yang cukup adalah langkah yang dapat mencegah induk kelinci menjadi predator. Hal ini dilakukan sampai kelinci berusia 15 samapi dengan 20 hari dimana kelinci akan keluar dan mencari makan bersama induknya.

Memindahkan anak kelinci yang terlalu banyak.

Kelinci adalah hewan unik yang mungkin bisa melahirkan dalam jumalh banyak sekaligus. Pada kasus tertentu kelinci mampu melahirkan anak hingga berjumlah lebih dari 8 ekor padahal puting susu yang dimiliki kelinci hanya berjumlah delapan. Pindahkan anak kelinci yang baru jika jumlah anak yang dilahirkan lebih dari delapan, jika dalam keadan terpaksa biasanya peternak sendiri yang memberi susu anak kelinci yang tidak mendapat susu dari induknya.
Demikian tips sederhana tentang cara mudah merawat anak kelinci. Jika tips ini dilakukan dengan baik niscaya anak kelinci anda kan tumbuh sehat dan besar.

0 Response to "Tips dan Cara Mudah Merawat Anak Kelinci yang Baru Lahir"

Posting Komentar