Tips dan Cara Memelihara Kelinci agar tidak Stress dari Bayi Hingga Dewasa

Tips dan Cara Memelihara Kelinci Agar Tidak Stress dari Bayi Hingga Dewasa

Cara Merawat Kelinci. Perkembangan animo masyarakat di Indonesia terkait dengan memelihara Kelinci sangat tinggi. Salah satu keluarga dari Leporidae ini merupakan hewan yang sangat cocok untuk berkembang biak dengan banyak variasi lingkungan. Hewan yang bandel dan tahan banting ini telah menjadi salah satu komoditi perdangan di Indonesia.

Trend Kelinci terbaru adalah kelinci Hias, Selain digunakan sebagai kelinci pedaging, Kelinci juga sering digunakan sebagai kelinci Hias. Sebut saja Kelinci Anggora yang telah lama populer. Kelucuan kelinci memang sangat terkenal namun salah merawat kelinci alih-alih akan membuat kelinci anda seram dan penyakitan. Berikut ini beberapa tips dan trik dalam merawan Kelinci dari Bayi hingga dewasa.

Memelihara Kelinci Hias di rumah

Tips dan dan Cara Merawat dan Memelihara Kelinci
  • Kandang kelinci harus bersih dan mendapatkan sinar matahri pagi langsung. Kandang terhindar dari lembab dan memiliki sirkulasi udara yang baik.  Pijakan kaki pada kandang dibuat rata dan meiliki lobang agar kotoran kelinci bisa langsung mengalir ke bawah kandang
  • Ukuran kandang seekor kelinci dewasa dengan ukuran standar setingnya memiliki dimensi 50 cm x 50 cm x 50 cm. Buatlah kotak makanan yang tegak agar tidak terinjak oleh Kelinci anda
  • Biasakan memberikan makanan hijau dibanding pelet. Makanan hijau seperti sayuran, rumput dan hay merupakan sumber nutrisi yang sehat untuk kelinci anda.
  • Berikas variasi makanan kepada kelinci anda, jangan memberi kelinci anda makanan satu jenis agar terhindar dari rasa bosan. Selain sayuran hijau, kelinci juga menyukai ubi, wortel, dan kelapa.
  • Waktu yang baik untuk memebri makan kelinci adalah pukul 18.00 dan 07.00 di pagi hari. Kelinci adalah salah satu hewan nocturnal oleh karena sebaiknya kelinci diberikan makan yang banyak pada malam hari untuk mencukupi kebutuhan energi kelinci anda.
  • Jika anda menggunakan kandang dari tanah, jaga kelembaban tanah tersebut sebisa mungkin menghindari kelinci dari tanah basah dan juga lembab.
  • Jangan terlalu sering menggendong kelinci apalagi jika dilakukan oleh orang yang baru di temui kelinci, Buatlah ikatan dengan kelinci agar tidak mudah stress.
Demikianlah beberapa tips dan Trik dalam merawat kelinci semiga kelinci anda terhindar dari rasa Stress yang berlebih yang bisa berakibat pada kematian.

1 Response to "Tips dan Cara Memelihara Kelinci agar tidak Stress dari Bayi Hingga Dewasa "