Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengenali Bayi Kelinci Yang Tidak Diberi Makan Induknya

Cara Membantu Bayi Kelinci Memenuhi Asupan Makanan

Kelinci Hare - Dalam kondisi tertentu, terkadang Induk kelinci agak kesulitan atau bahkan tidak mau bemberi makan bayi kelinci yang baru dilahirkan. Penyebab ada banyak, namun untuk memastikan penyebabnya tentu saja butuh waktu yang cukup lama dimana Bayi Kelinci sudah keburu mati kelaparan. 

Sebagai peternak atau pemelihara kelinci, sudah menjadi tugas utama untuk memastikan Bayi Kelinci baik dengan induk maupun tanpa indukan. 

Bayi kelinci merupakan kondisi paling rentang dalam fase kehidupan Kelinci. Fase ini menentukan kehidupan kelinci selanjutnya, oleh karena itu bayi kelinci membutuhkan perawatan yang intensif dari induknya, jika tidak maka tugas tersebut akan diambil pemilik kelinci.

Sebagai tips dan panduan sederhana, berikut ini beberapa langkah memberi makan Anak Kelinci yang baru lahir. 

Cara Mengenali Bayi Kelinci Yang Tidak Diberi Makan Induknya

Pastikan Induk Tidak Memberi Bayi Kelinci

Langkah pertama yang harus dilakukan jika hendak memberi makan bayi kelinci adalah memastikan Induk kelinci tidak memberi makan anak kelinci. Hal ini penting karena induk kelinci yang habis melahirkan sangat sensitif, jika ternyata sang induk melihat anaknya disentuh oleh manusia, maka Induk kelinci akan menjadi garang sampai tidak mau memberi makan anaknya, bahkan dalam kondisi tertentu, induk kelinci akan memakan anaknya. 

Hal yang perlu di catat, Bayi kelinci hanya memberi makan anaknya dalam jumlah yang sangat sedikit, setelah diberi makan, Induk kelinci akan pergi meninggalkan kelinci, Sebaiknya lakukan pengamatan dalam waktu yang cukup lama untuk memastikan Kelinci memang tidak anaknya, jika induknya memberi makan anaknya, tidak perlu lagi diberi makan. 

Bayi kelinci yang ditinggal induknya akan tidur karena pada umumnya hewan yang baru lahir bahkan manusia akan banyak menghabiskan waktunya untuk tidur, karena pada saat tidurlah hormon pertumbuhan secara alami dibentuk oleh tubuh. Jadi jangan mengganggu kelinci yang sedang istirahat.

Berikut ini ada beberapa tanda-tanda kelinci yang diberi makan oleh induknya dan yang tidak diberi makan.
  1. Bayi kelinci yang tidak diberi makan induknya akan mudah kedinginan dan 'menangis' selama beberapa menit setelah seharusnya jam makan. 
  2. Tubuh kelinci yang kelaparan terlihat biru sedangkan yang kenyang kemerah-merahan. Jika terlihat berwarna kebiru-biruan, maka bayi kelinci membutuhkan makanan.
  3. Terkadang induk kelinci tidak menyukai bayinya, hal ini ditanda dengan induk yang lebih garang dan agresif, oleh karena perlu adanya pemisahan antara bayi kelinci dan induk kelinci
  4. Tidak semau bayi kelinci yang ditinggal sendiri disarangnya adalah bayi kesepeian. Cek setiap saat jika bayi terlihat baik-baik saja dan induknya kadang masuk memberi makan, maka tidak perlu diberi makan.
  5. Peluang kelinci tidak diberi makan oleh induknya sangat kecil, hanya sekitar 10%, jadi pastikan dengan baik-baik jika anak kelinci memang tidak diberi makan oleh induknya.
Nah itu dia ciri-ciri dan tanda-tanda bayi kelinci yang tidak diberi makan oleh induknya, Jika kondisi tersebut tidak ditemukan sebaiknya tidak perlu memberi makan anak kelinci, Karena hal tersebut justru membuat induknya yang awalnya memberi makan anaknya, Induknya malah jadi ngambek dan ganas 

Posting Komentar untuk "Cara Mengenali Bayi Kelinci Yang Tidak Diberi Makan Induknya"