Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Membeli Kelinci Hias Sebagai Peliharaan Anak-Anak Dirumah

Kelinci Hare - Kelinci merupakan hewan lucu yang sangat cocok untuk dijadikan peliharaan kepada anak-anak di rumah, selain kucing tentu-nya.

Selain merupakan kegiatan yang seru dan menyenangkan, mengajak anak memelihara kelinici merupakan satu langkah yang baik dalam mengajarkan anak bertanggung jawab menjaga keselamatan peliharaanya.

Hal ini dapat membuat anak menjadi lebih mandiri, disiplin dan perhatian, karena jika ia lalai maka kelinci akan sakit-sakitan atau bahkan mengalami kematian, nah oleh karena itu tidak ada salahnya menocba mencarikan anak-anak kita kelinci.

Bagi anda orang tua yang membelikan kelinci hias untuk anak-anak anda, berikut ini ada beberapa tips dari Kelinci Hare untuk anda.

1. Lokasi Pembelian.

Langkah pertama adalah memperhatikan dimana lokasi kelinci dibeli, jika perlu jangan pernah berfikir membeli kelinci dipinggir jalan, meskipun dijual dengan harga murah.

Kelinci yang dijual dipinggir jalan sudah dijajakan disana dalam kurung waktu yang cukup lama dengan kondisi polusi udara yang tinggi dan bising sehingga membuat kelinci dalam keadaan stress atau bahkan sakit-sakitan.

Tempat yang paling baik membeli kelinci adalah di peternak langsung atau paling tidak tokoh hewan yang memiliki standar kesehatan yang direkomendasikan oleh dinas peternakan.

2. Pertimbangan Kesanggupan Merawat Kelinci

Keluarga anda tentu saja bukan malaikat pencabut nyawa bagi kelinci bukan? Oleh karena itu pertimbangkan baik-baik mengenai kesanggupan anda memelihara dan merawat kelinci tersebut.

Meskipun niat anda membelikan kelinci tersebut untuk anak-anak, namun mereka tetap harus didampingi dalam memelihara kelinci, jangan serahkan hidup kelinci tersebut di tangan anak sepenuhnya.

Hal-hal yang mungkin saja harus dipertimbangkan adalah :

  1. membersihkan kandang
  2. memberikan pakan alami kelinci
  3. memandikan kelinci (Grooming)
  4. mengembalakan atau mengajaknya bermain di tanah lapang yang agak lebar.

3. Jangan Pikirkan Ras Kelinci

Kelinci memang memiliki beberapa ras dan beberapa diantaranya adalah ras yang langka. Kelangakaan Ras tersebut tentu saja karena sulitnya melakukan budidaya oleh karena itu lupakanlah tentang ras kelinci yang anda akan rawat, yah kecuali anda sudah berpengalaman dalam merawat dan memelihara kelinci.

Carilah kelinci dari ras yang biasa-biasa saja atau yang banyak ditemukan di sekitar lokasi anda karen aras tersebut lah yang paling mudah hidup di daerah anda, jadi kelincinya tidak perlu beradaptasi karena hal tersebut dapat meningkatkan resiko kematian pada kelinci.

Anak kelinci hias lucu dan imut cantik dan keren

4. Usia 3 Bulan Lebih

Anak kelinci memang memiliki bentuk yang paling lucu diantara usia kelinci, namun jangan egois untuk memenuhi keinginan anda sendiri dengan membeli kelinci di usia muda.

Kelinci usia kurang dari 3 bulan adalah hewan yang rentang mati karena masih membutuhkan perawatan langusng dari induknya.

Ingat!!! Kelinci adalah hewan mamalia yang juga membutuhkan sapih atau susu dari sang induk sampai usianya cukup dewasa untuk makan pakan alami.

Posting Komentar untuk "4 Tips Membeli Kelinci Hias Sebagai Peliharaan Anak-Anak Dirumah"