Cara Mudah Merawat Bayi Kelinci Tanpa Induk Kelinci

Cara Mudah Merawat Bayi Kelinci Tanpa Induk Kelinci

Cara Merawat Kelinci. Merawat anak kelinci yang berusia kurang dari 7 hari tanpa induk tentulah tidak mudah. Dubutuhkan perhatian dan langkah yang tepat dalam merawat kelinci yang baru lahir.

Karakter bayi kelinci yang masih rentan terhadap berbagai hal seperti kelaparan, suhu dingin dan predator membuat perawatan kelinci menjadi susah. Untuk memudahkan merawat kelinci saya akan berbagai beberapa tips sederhana yang harus dilakukan untuk merawat bayi kelinci yang masih kecil.

Menyusui Bayi Kelinci tanpa Induk
Kelinci merupakan hewan mamalia sehingga bayi kelinci akan membutuhkan Susu pada saat mereka baru saja lahir. Namun pemberian susu pada bayi tidak langsung diberikan begitu saja, dibutuhkan waktu kurang lebih dua hari barulah bayi kelinci boleh diberi susu. Selang waktu dua hari pertama kelahiran kelinci, Bayi kelinci akan menggunakan makanan cadangan yang tersimpan pada saat masih dalam kandungan.

Cara menyusui bayi kelinci

Meskipun membutuhkan susu, Kelinci hanya minum susu selama kurang lima menit dalam sehari. Tanpa induk kelinci, kelinci boleh diberi minum susu untuk kucing. Hal ini tidak begitu di rekomendasi-kan namun tidak ada cara lain untuk menyusui bayi kelinci anda.

Pemberian susu bayi diberikan selama 3 sampai 5 kali sehari dengan dot khusus yang dijual di toko hewan peliharaan. Pantau terus berat badan bayi kelinci, jika berat badan bayi kelinci anda berkurang lakukan penambahan porsi susu namun jangan terlalu banyak.

Pemberian susu pada bayi kelinci dibutuhkan kesabaran dan ketekunan. Bayi kelinci tidak bisa mengkonsumsi susu kelinci dalam jumlah banyak sekaligus, anda harus melakukan secara perlahan dengan penambahan jumlah susu dalam jumlah yang sangat sedikit sampai hari ke 5 usia bayi kelinci. Pada usia ke 5 atau 6 perut bayi kelinci sudah relatif stabil sehingga pemberian susu sudah bisa dilakukan dalam jumlah yang relatif banyak. 

Memberi susu pada bayi kelinci terus berlangsung sampai usia 2 minggu. Setelah usia dua minggu ajarilah bayi kelinci untuk memakan daun yang lembut seperti seledri karena pada usia 2 minggu bayi kelinci sudah boleh untuk mencari makanan sendiri di luar dalam kasus artinya pemberian susu sudah boleh dihentikan dna diganti dengan makanan kelinci seperti rumput dan seledri terlebih dahulu.

Penghentian pemberian susu sudah boleh pada minggu ke tiga karena pada usia ini anak kelinci sudah mulai memakan jerami namun tidak dalam jumlah banyak. Perlu diperhatikan kesehatan pada usia masih sangat rentang terserang penyakit sehingga diperlukan perlakuan khusus mengingat induk kelinci tidak ada untuk mengajari cara hidup kepada sang anak kelinci.

Kondisi Kandang untuk Bayi Kelinci.

Sebelum usia 7 hari. tubuh kelinci tidak ditumbuhi bulu, sehingga sangat rentang dengan serangan suhu rendah. Bayi kelinci hidup dengan baik pada suhu  27 ± 30oC (80,6 ± 86oF). Bayi kelinci harus dimasukkan kedalam kotak yang lembut berisi jerami yang lembut pula.

Sebenarnya kapas tidak pernah digunakan oleh kelinci di alam bebas, namun dari beberapa pengalaman teman peternak kelinci, penggunaan kapas boleh saja dilakukan namun harus sering diganti karena kotoran kelinci mungkin saja menempel di kapas dan berpotensi menghasilkan jamur.

Bayi kelinci bisa dimasukkan ke dalam sebuah kotak kecil dilapisi jerami dan bulu induk kelinci. Jika tidak memungkinkan mendapatkan bulu induk kelinci, maka dapat digantikan dengan kapas, serutan kayu atau kain yang lembut.

Kelinci anakan

untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai tata cara merawat kelinci hias di rumah silahkan kunjungi pusat penakaran kelinci atau dinas peternakan terdekat di kota anda terutama untuk mendapatkan penyuluhan mengenai penanganan kelinci dalam jumlah banyak.

11 Komentar untuk "Cara Mudah Merawat Bayi Kelinci Tanpa Induk Kelinci"

  1. Susu apa yang cocok buat kelinci di tgl induk ya mati. Kira2 usia anaknya dah 3 minggu. Balas iya oom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini belum ada rekomendasi untuk susu kelinci yang baik, meskipun terkadang saya masih menggunakan susu untuk anak Kitten atau anak kucing. Beberapa teman yang lain menyarankan menggunakan susu formula untuk bayi tapi pemberian sangat sedikit. Mengenai dosisnya untuk susu Kitten gunakan setangah dosis seperti susu kucing, untuk jumlahnya upayakan sedikit karena anak kelinci belum memiliki sistem pencernaan yang baik

      Hapus
  2. Susu formula untuk bayi boleh tidak?

    BalasHapus
  3. Apakah boleh memakai susu formula SGM untuk bayi kelinci yang berumur seminggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh.. Tapi yg bebas laktosa (tdk mengandung laktosa). Cari aja di apotik. Susu kambing etawa juga boleh.

      Hapus
  4. Apakah boleh memakai susu formula SGM untuk bayi kelinci yang berumur seminggu

    BalasHapus
  5. Apakah boleh memakai susu formula SGM untuk bayi kelinci yang berumur seminggu

    BalasHapus
  6. Boleh Tp SGM LLM yg tanpa laktosa

    BalasHapus
  7. Mengapa bayi kelinci mendadak tidak mau menyusu ke induknya ? Pdhl sblm2nya langsung nete ke induknya. Apakah berpengaruh krn pegang langsung bayi kelinci tanpa sarung tangan jadinya bayi kelinci tdk mau nete lg ? Sdh berbulu byk dan jln atw lompat2.

    BalasHapus
  8. Kelinci indukan ku baru aja mati ..
    Trus sama ayah di beliin susu bayi yang 0-6 bulan itu.. + anaknya kehujanan baru semingguan.. ada solusi atau giman gimana gtu

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel