Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serangan Kelinci Mati Mendadak Tanpa Tanda Sakit

Serangan Kelinci Mati Mendadak Tanpa Tanda Sakit

Merawat Kelinci. Beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan oleh teman saya mengenai kelinci adalah kematian mendadak pada kelinci. Kematian mendadak pada kelinci tidak hanya terjadi pada kelinci hamil tapi juga kelinci jantan dan betina normal. Hal yang paling mengherankan adalah kematian mendadak tersebut tidak memiliki tanda-tanda khusus. Beberapa peternak bahkan pernah stress karena kematian yang terjadi begitu cepat dan terjadi pada banyak kelinci. Nah untuk mengurangi resiko kematian mendadak, berikut ini beberapa penyebab kematian mendadak bagi kelinci anda.
  1. Kualitas pakan yang kurang nutrisi dan hanya di jaga dari segi kuantitasnya saja
  2. Perubahan pakan baru secara mendadak karena tidak tersedianya pakan yang sudah sering digunakan
  3. Kelinci terkena racun tanpa disadari, biasanya pestisida yang melekat pada rumput
  4. Makanan yang diberikan mengandung pengawet pada konsentrasi tinggi
  5. Kelinci mengalami stress dan trauma fisik seperti terjatuh atau tertumbuk benda keras tanpa tanda-tanda fisik
  6. Perubahan kondisi udara secara ekstreem yang berlangsung berhari-hari tanpa antisipasi dari peternak kelinci.
  7. Depresi tinggi karena perubahan keadaan secara mendadak atau petir dengan suara yang sangat menggelegar.
Setelah mengetahui penyebab kelinci terserang kematian mendadak setidaknya para peternak mengambil langkah antisipasi agar resiko kematian mendadak dapat dikurangi. Resiko pertama adalah menyiapkan kandang kelinci pada tempat aman terhindar dari gangguan hama seperti tikus, anjing atau ular yang mungkin mengganggu kelinci tanpa sempat memakannya. 

merawat kelinci dari Serangan Kelinci Mati Mendadak Tanpa Tanda Sakit

Menjaga kualitas pakan dan jangan monoton memberikan satu jenis pakan sepanjang tahun, karena kondisi kekurangan pakan akan membuat kondisi fisiologis kelinci tidak dapat bertahan atau stress akibat perubahan pakan secara mendadak. Ajarkan pada kelinci untuk memakan berbagai jenis makan namun tetap pada menu utama pakan kelinci yakni berbagai jenis rumput. Menjaga kualitas pakan dengan menghindari pakan yang diambil dari perkebunan karena kemungkinan penggunaan pestisida mengenai rumput kecuali anda bisa memastikan rumput pada kebun tidak tersentuh pestisida.

Memperlakukan kelinci secara tidak wajar bisa membawa trauma psikis yang berakibat pada kurangnya nafsu makan. Perlakuan seperti mengikutkan kelinci pada sebuah kontes dengan rentang waktu kontes yang lama dan jauh dari peternakan. Memberikan treatment seperti olahraga lari dengan beban yang cukup berat dengan harapan kelinci mampu menang karapan kelinci. Hal yang lain adalah memperlakukan kelinci seperti boneka. Mengelus kelinci terlalu sering tidak membuat kelinci bahagia namun meninggalkan kelinci secara total juga tidak baik untuk kelinci anda.

Posting Komentar untuk "Serangan Kelinci Mati Mendadak Tanpa Tanda Sakit"