Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Cara Memandikan Kelinci Hias Peliharaan

Tips dan Cara Memandikan Kelinci Hias Peliharaan

Merawat Kelinci Hias. Kelinci hias bisa menjadi teman paling setia anda di rumah. Bermain dengan kelinci peliharaan tentu saja menyenangkan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat bermain dengan kelinci peliharaan anda. Salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah kebersihan kelinci hias anda. Nah untuk menjaga kebersihan kelinci anda dapat ditempuh dengan cara memandikan kelinci hias kesayangan anda.
Merawat Kelinci

Di alam liar, kelinci membersihkan dirinya sendiri dengan cara menjilati bulunya, sama seperti yang dilakukan oleh kucing. Namun hal ini tidak menjaga kebersihan kelinci secara menyeluruh. Ada beberapa kotoran yang mungkin telah kering dan menempel keras di bulu kelinci anda sehingga dibutuhkan perlakuan khusus yakni memandikan kelinci anda.

Sifat dasar kelinci hias di alam yang tidak pernah mandi seperti kerbau membuat anda akan kerepotan dalam memandikan kelinci anda. Alih-alih menjadikan elinci anda sehat, salah memandikan kelinci malah memicu Stress pada kelinci anda, nah Berikut Ini tim Memelihara Kelinci akan membagi beberapa tips dan cara yang baik dalam memandikan kelinci anda, silahkan simak secara seksama tips dibawah ini.

Berikut ini Tips Mudah Memandikan Kelinci


  1. Sediakan bathtub berisi air hangat setinggi 2.5 cm. Pastikan air yang anda gunakan hangat karena jika airnya terlalu panas kelinci hias anda akan jadi hidangan. Letakkan kelinci secara perlahan di dalam bathtub dan jangan tinggalkan karena kelinci pada dasarnya tidak menyukai air.
  2. Usahakan memandikan kelinci lebih dari seorang agar ada  yang berperan memastikan kelinci tetap di dalam Bathtub dan satu orang lagi berfungsi sebagai tag tim yang berfungsi mengambil sampho, memijat. Gunakan siat lembut dan berilah pijitan lembut kepada kelinci anda.
  3. Pastikan kebersihan bulu kelinci terutama dari sabun dan shampoo jika anda menggunakan shampo. Sahmpo berfungsi untuk menghilangkan kutu dari kelinci, beberapa parasit seperti scabiesois juga dapat dihilangkan dengan shampo, namun bukan berarti shampo mengatasi keleruhan masalah tersebut.
  4. Setelah membilas kelinci dengan bersih, pastikan tidak ada sabun tersisa karena kelinci akan menjilati dirinya sendiri dan sabun tentu saja berbahay bagi pencernaan kelinci. Saat mengangkat kelinci pastikal posisi kaki belakang kelinci karena bagian tersebut yang paling sering menendang ketika kelinci merasa tidak aman.
  5. Keringkan tubuh kelinci sesegera mungkin, gunakan handuk untuk mengelap seluruh tubuh kelinci anda. Biasanya dibutuhkan satu jam untuk mengeringkan bulu kelinci agar benar-benar kering. Hal ini juga mungkin lebih lama pada kelinci jenis anggora.
  6. Jika anda menggunakan hairdryer, pastikan anda juga melakukannya berdua, Kelinci akan terganggu oleh suara bising hair dryer sehingga bisa jadi kelinci anda akan berlarian ke sana dan kemari.
  7. Setelah anda mandikan kelinci anda, kemungkinan bulunya akan mengembang, Kelinci akan menjilati bulunya sendiri agar kembali lurus.
Demikian tips sederhana dari tim Merawat Kelinci, silakan baca artikel kami lainya mengenai kelinci yang mungkin akan membantu anda dalam merawat kelinci anda.

Posting Komentar untuk "Tips dan Cara Memandikan Kelinci Hias Peliharaan"