Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Lengkap dan Cara Mudah Merawat Kelinci Hias dengan Benar

Tips dan Cara Merawat Kelinci Hias dengan Benar

Cara Merawat Kelinci. Kelinci bisa menjadi salah satu teman hidup yang baik, selain lucu dan menggemaskan kelinci adalah binatang yang memiliki umu panjang. Bagi para pengusaha, kelinci juga bisa dijadikan komoditas pedaging yang sangat efektif mengkonversi massa. Jika dirawat dengan baik, kelinci akan menjadi jinak dapat dijadikan sebagai teman bermain. Berikut ini Tips dan Cara Merawat Kelinci dengan Baik.

Pilihlah dan Ketahuilah Kelinci yang Anda Pilih.

Dalam memelihara Kelinci, sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis kelinci yang anda pelihara. Kelinci merupakan hewan dengan jenis-jenis yang banyak. Anda bisa memelihara jenis kelinci berbulu panjang, berbulu pendek ataukah anda ingin memelihara kelinci berbadan besar ataukah yang berbadan kecil.

Mencari tahu jenis kelinci yang ingin dirawat akan memberikan gambaran mengenai langkah apa yang ingin kalian ambil selanjutnya. Pemilihan kandang dan juga ketersediaan pakan dari rumah tempat anda tinggal akan sangat membantu proses pemeliharaan kelinci nantinya.

Pemilihan kelinci juga akan menentukan sulit tidaknya kelinci dirawat. Kelinci memiliki daerah asal yang berbeda-beda satu sama lain. Kebutuhan mengenai kondisi lingkungan juga menjadi prioritas dari kelinci yang dipilih.
  • Carilah Infomasi Mengenai Ukuran Kelinci pada saat Usia Dewasa
  • Carilah Informasi menganai daya tahan tubuh kelinci dan tempat hidup kelinci
  • Carilah Informasi Mengenai dokter hewan Terdekat agar anda bisa mengetahui langkah apa yang dilakukan ketika kelinci anda sakit.
  • Pilihlah kandang yang sesuai dengan kelinci anda.

Jenis Kelinci yang dapat di Pelihara sebagai Kelinci Hias.

Kelinci Anggora,- Kelinci Anggora adalah kelinci yang berasal dari Turki tepatnya dari Kota Ankara. Kelinci ini memiliki ciri-ciri berbulu tebal sehingga sangat unik untuk dipelihara, selain itu bulu yang lebat dan halus dari kelinci membuatnya bisa dijadikan sebagai Woll. Di pasar hewan kelinci Anggora bisa didapatkan dengan harga 250.000 untuk anakan dan 250.000 sampai dengan 3.000.000 untuk kelinci Anggora Dewasa.

Kelinci Anggora

Kelinci Lop,- Kelinci Lop adalah kelinci yang memiliki telinga yang unik. Kelinci Lop memiliki telinga yang menggantung di kelapanya membuatnya tampak lebih malas dari kelinci lainnya. Kelinci Lop memiliki telinga yang menyerupai anjing sedangkan dari harganya kelinci Lop relatif sama dengan kelinci Anggora.

Kelinci Lop
Kelinci Flemish Giant,- Kelinci Flemish Giant adalah jenis kelinci yang memiliki ukuran raksasa. Jika kelinci ini drawat dengan baik maka ukuran bisa seukuran Anjing. Badanya panjang dan Lucu namum dibutuhkan perhatian khusus untuk merawat jenis kelinci ini. Sama Seperti Anggora, Kelinci ini adalah salah satu jenis kelinci yang mahal.

Kelinci Flemish Giant

Masih banyak jenis kelinci yang lainya yang mungkin anda bisa pilih, namun hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran dewasa kelinci dan jumlah makanan yang dibutuhkan dalam merawat kelinci adalah informasi yang paling anda dapatkan sebelum akhirnya memilih jenis kelinci yang ingin anda pelihara.

Pemilihan Kandang Kelinci.

Kandang kelinci adalah hal pertama yang anda siapkan sebelum membeli seekor kelinci. Perhatikan jenis kelinci yang anda ingin beli dan sesuaikan dengan ukuran kandang yang anda siapkan. Bentuk kandang juga harus diperhatikan. Sesauikan jenis kandang dengan letak kandang nantinya. Kandang yang diletakkan didalam rumah tentunya berbeda dengan kandang yang akan diletakkan di luar rumah.

Pemilihan Kandang di dalam Rumah
  • Desain Menarik
  • Memiliki Ventilasi Udara Yang Cukup
  • Memudahkan dalam memberi makanan
  • Memudahkan kelinci untuk keluar dan masuk
  • Terdapat bak penampungan Kotoran 
Contoh Kandang Indoor

Pemilihan Kandang Di Luar Rumah
  • Memiliki atap yang memadai
  • Ventilasi udara baik
  • Terhindar dari lembab
  • Menyulitkan kelinci untuk keluar dengan sendiri 
  • Memudahkan kelinci masuk dengan sendirinya
  • Aman dari predator
  • Anti Lembab.
Contoh Kandang Outdoor
Selain dari desain kandang, Kondisi disekitar kandang juga harus diperhatikan. Kandang kelinci hendaknya terhindar dari lembab dengn tingkat kelembabap berkisar 60 % sampai dengan 90 %. Suhu daerah sekitar kandang harus dijaga mulai 15 sampai dengan 30 derajat celcius agar kelinci dapat hidup dengan nyaman.

Kelinci harus di jauhkan dari jangkuan predator yang mungkin akan memakan kelinci seperti anjing liar, ular, biawak dan tikus. Jika anda memiliki anjing peliharaan pastikan Anjing anda telah bersahabat adengan kelinci sehingga Anjing anda tidak memakan Kelinci Peliharaan anda.

Kelinci juga membutuhkan sinar matahari pagi, oleh karena letakkan kandang kelinci sebisa mungkin mendapatkan cahaya matahari pagi. Cahaya matahari juga membantu mengurangi kelembaban kandan dan juga bisa dimnafaatkan oleh tubuuh kelinci. Berilah ruang pembuangan pada kandang kelinci sehingga mudah untuk dibersihkan dan jangan lupa memebersihkan kandang kelinci secara rutin.

Kelinci membutuhkan Olahraga.

Satu hal yang paling sering dilupakan oleh para penggemar kelinci yakni ukuran kandang. Kelinci adalah hewan aktif yang membutuhkan ruang gerak yang cukup dan juga membutuhkan latihan seperti melompat. Carilah kandang dengan ukuran yang besar agar kelinci anda bisa melalukan semua yang dibutuhkan didalam kandang, jika tidak punya ruang untuk kandang besar, sering-seringlah mengajak kelinci anda keluar untuk sekedar latihan agar bedanya tetap sehat.

Pada saat memberikan ruang pada kelinci di dalam rumah, sebisa hindari kontak dengan kabel karena kelinci memiliki gigi yang tidak berhenti mengunyah maka kandang kelinci sebaiknya jauh dari kabel dan juga stop kontak yang membahayakan kelinci dan juga merugikan anda.

Kelinci Membutuhkan Perhatian.

Pada sat memelihara kelinci sebaiknya jangan memelihara kelinci hanya dengan satu ekor. Kelinci membutuhkan teman interkasi dan sebisa mungkin memelihara kelinci satu pasang agar naluri biologis kelinci dapat tersalurkan. Kelinci yang hidup sendiri lebih rentang Stress dan mudah terserang oleh penyakit.

Pada keadaan tertentu anda bisa melakukan interaksi dengan kelinci sama seperti berinteraksi, namun hal ini dibutuhkan kesabaran dan pembiasaan mengingat Naluri kelinci kelinci sebagai Hewan Buruan ada secara alami dalam tubuh kelinci. Menggendong kelinci sesering mungkin dengan lembut akan membuat kelinci terbiasa. Pada awalnya kelinci akan berontak, oleh karena pengawasan orang dewasa sangat dibutuhkan pada masa awal memelihara kelinci. Pelajari juga cara menggendong kelinci dengan benar agar tidak membuat kelinci kesakitan.

Grooming

Kelinci peliharaan merupakan binatang peliharaan yang dengan anda, kesehatan kelinci berarti menjaga kesehatan anda. Kelinci harus dirawat agar terhindar dari kutu dan Scabieosis. Jika anda tidak memiliki keterampilan dalam memandikan kelinci, anda sebaiknya memberikan penanganan-ya pada ahli. Sampho kuhunus kelinci sangat diperlukan dan teknik memijat akan membantu kelinci anda sehat dan tidak stress pada saat dimandikan.

Makanan dan Kesehatan Kelinci.

Pada dasarnya kelinci adalah binatang semi nocturnal yakni hewan yang lebih aktif di malam hari. Pemberian porsi makan yang lebih dimalam hari akan membantu pemenuhan asupan gizi dari kleinci anda. Pada siang hari pemberian konsentrat dan juga sereal pada pagi hari akan membantu menjaga kesehatan pencernaan kelinci.

Hindari pemberian pakan yang bersifat monoton pada kelinci seperti pemberian satu jenis makan. Hal yang mendasar yang perlu diperhatikan pada saat memelihara kelinci adalah menghindari dari beberapa mitos yang tidak benar mengenai kelinci. Kelinci membutuhkan air minum dan kangkung bukanlah makanan yang terbaik untuk kelinci anda.

Mintalah saran doketr mengenai menu makan yang baik untuk kelinci namun pada umunya anda bisa dapatkan saran sajian makan pada kelinci di Blog ini juga atau dari artikel dari blog sejenis. Gunakan saja perhitungan sederhana dari Berat badan kelinci anda dan berat makanana yang diberikan ke kelinci anda.

Posting Komentar untuk "Tips Lengkap dan Cara Mudah Merawat Kelinci Hias dengan Benar"