Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa kelinci baru lahir rawan mati? Penyebab Anak Kelinci Mati Pasca Melahirkan

Kenapa kelinci baru lahir rawan mati? Penyebab Anak Kelinci Mati Pasca Melahirkan

Cara Merawat Kelinci. Pertanyaan yang paling sering dan diajukan kepada saya sampai hari ini adalah kenapa kelinci yang baru lahir rawan mati? jawabannya sebenarnya tidak hanya pada kelinci anakan tapi juga pada kelinci induk jika pantangan dari tata cara merawat kelinci dilanggar. Resiko kelinci meninggal pada usia dini karena daya tahan tubuh termaksud sistem imun dan juga bentuk fisiologi dari ternak kelinci. Sebelum hal ini berlanjut pada bahasa yang lebih susah sebaiknya perhatikan dulu beberapa hal sederhana yang saya rangkum berdasarkan kebiasaan selama beternak kelinci

Kenapa kelinci baru lahir rawan mati? Penyebab Anak Kelinci Mati Pasca Melahirkan makan daging kelinci sehat

  1. Anak kelinci yang baru lahir membutuhkan penanganan khusus yang berbeda dengan dengan penanganan induk kelinci dan yang paling mengetahui penanganan yang perlu adalah induk kelinci. Induk kelinci secara alami akan mendapat naluri merawat anak kelinci, naluri ini termasuk tata cara merawat dan memberikan susu pada anak kelinci. Hanya saja beberapa perlakuan dari peternak akan merubah kebiasaan alami dari kelinci sehingga mengakibatkan. Penanganan yang buruk dan kurang makanan akan berakibat pada kanibalisme kelinci.
  2. Perhatikan jumlah anak pada kelinci, Secara fisik, kelinci memiliki 8 puting susu yang tidak akan maksimal digunakan oleh anak kelinci secara bersamaan. Masalahnya ada pada jumlah anak kelinci yang terkadang lebih dari 8 ekor. Peternak harus mengantikan iduk memberikan susu kepada anak kelinci yang tidak dapat bagian. Namun caranya dengan mengisolasi penuh anak kelinci tersebut dari induk sehingga kehidupan anak kelinci sepenuhnya bergantung pada peternak. Bersiaplah melakukan penyapihan pada anak kelinci.
  3. Perhatikan kondisi udara dan cuaca pada saat kelahiran bayi kelinci. Bayi kelinci yang baru saja lahir belum dilengkapi dengan bulu oleh karena sangat rentang dengan perubahan cuaca. Kandang buatan manusia sudah pasti sangat sulit di modifikasi oleh induk kelinci untuk menciptakan kenyamanan bagi kelinci, oleh karena peternak bertugas memastikan kelembaban udara dan suhu ruangan. Hindari kandang kelinci dari panas berlebih pada saat siang hari dan juga air pada saat malah hari.
  4. Induk kelinci tidak mau menyusui anak kelinci juga kadang ditemukan oleh peternak Hal ini bisa berdampak pada mal nutrisi dan kahirnya menyebabkan kelinci anak kelinci Pelajari seksama penyebab induk kelinci tidak mau menyusui anaknya. Penyebab yang paling bahaya mastitis atau penyumbatan pada kelenjar susu, stress atau paling parah adalah keringny air susu induk kelinci.
  5. Kematian mendadak juga bisa diakibatkan oleh kelahiran premature atau kelinci kekurangan nutrisi pada saat menjalani masa kehamilan. Penyebab utama masalah ini adalah kurangnya pengetahuan peternak mengenai ciri-ciri kelinci hamil sehingga tidak ada treament khusus yang diberikan pada kelinci hamil Oleh karena langkah antisipasi dapat dilakukan sebelum induk kelinci melahirkan.
  6. Antisipasi wabah penyakit yang sedang trend dipertenakan anda, bisa jadi kelinci dewasa memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dari anak kelinci sehingga seolah-olah induk kelinci sehat akan tetapi anak kelinci tidak mampu bertahan dan meninggal. Meskipun kasus ini masih sangat jarang namun peluangnya masih ada.
  7. Ketakutan. Hal ini yang paling sering menjakiti peternak pemula, rasa takut untuk mengambil langkah sehingga anak kelinci tidak mendapatkan penanganan apa-apa karena takut salah, padahal kesalahan akan memberikan pengalaman berharga. Pengalaman yang saya bangun dari nol mulai dari tidak ada yang memberi informasi, kematian mendadak mengamati sendiri sampai akhirnya saya bisa berbagi informasi mengenai tata cara merawat kelinci, yah meskipun cuman di Blog tapi paling tidak saya tidak mau peternak kelinci lain dipandang sebelah mata. Dianggap orang kurang kerjaan karena ayam lebih menguntungkan, bagi saya ini adalah fashion jadi hilangkan ketakutan.

3 komentar untuk "Kenapa kelinci baru lahir rawan mati? Penyebab Anak Kelinci Mati Pasca Melahirkan"

  1. Bayi kelinci saya usia 3 hariHari mendadak, padahal sebelumnya aktif. Dugaan saya, karena terinjak induknya. Saat lahir, ga spt biasanya melahirkan di liang, Kali ini lahir di permukaan tanah. Lalu saya saya langsung pindahkan ke kandang kecil spy ga terinjak kelinci lain. 2 hr kemudian, induknya saya gabungkan spy bayi2nya (8 ekor) bisa menyusu. Tapi sptnya si induk ga kenal, & bertingkah sembarangan spt ga melihat ada bayi2nya di sekitarnya. Pd bbrp kesempatan, sy lihat bayinya lah yg menghampiri si induk until kmdn menyusu. Apakah induk kelinci harus dipisahkan? Bagaimana spy bayi2 kelinci bisa menyusu dg Aman?

    BalasHapus
  2. Saya juga baru belajar...saya bnyak mengalami kejadian.induk ga mau menyusui.kadang ngencingin anaknya...solusi dari saya...buat kotak..tarik dalam kotak...pisahin SMA induknya...trus klo pagi n sore..pegang induknya
    .Tarok kotak tungguin...butuh kesabaran...tpi selama ini praktek itu 80 persen anak bayi klinci saya selamat...selamat mencoba

    BalasHapus
  3. Mau tanya kan kelinci Saya Melahirkan Prematur anak Ada 5 Mati4 lahiran Idup 1 2Hari kemudian anak yang 1nya Mati pas Saya Mau Kawin kan Lgi knpa Indukan kelinci gak Mau Kawin malah Berbunyi kruk kruk

    BalasHapus