Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyapihan oleh Manusian adalah Penyebab Kematian Massal Pada Kelinci

Penyebab Kematian Massal Pada Kelinci

Merawat Kelinci. Diantara sekian banyak kasus pada saat memelihara kelinci, Kematian Massal adalah momok yang paling menakutkan bagi peternak kelinci. Kematian massal biasanya terjadi mayoritas pada kelinci kurang dari usia 3 bulan dan dari sekian banyak faktor dan penyebabnya kesalahan penyapihan adalah faktor yang paling sering menjadi alasan. 

Alasannya sangat mudah yakni ASI atau air susu ibu adalah pasokan utama yang sangat dibutuhkan oleh anak kelinci. Kebutuhan ASI pada kelinci bayi berkisar dari rentang 32 hari sampai dengan 37 hari namun sebagian kelinci membutuhkan ASI hingga usia 42 hari. Beberapa peternak terkecoh dengan pakan rumput yang telah diakan oleh kelinci pada usia 17 hari. karena sistem pencernaan kelinci belum mampu menyerap dan mencerna dengan baik nutrisi yang pada rumput. Secara naluriah anak kelinci akan butuh pada induknya hingga akhirnya sistem pencernaan pada kelinci sudah mulai sempurna.

Hal yang kedua adalah pemberian susu secara manual dengan bantuan manusia memang sangat membantu proses pertumbuhan kelinci secara fisiologi, namun psikologi kelinci akan sangat terganggu dan rentang menghadapi stress. Sekalipun pemberian susu dengan bantuan manusia berjalan dengan sukses, hanya ada beberapa kelinci yang mampu bertahan hidup. hal ini bisa disebabkan oleh cara pemberian susu oleh manusia yang tidak konsisten baik kuantitas maupun kualitas pemberian susu. Sebaiknya penyapihan dengan bantuan manusia dilakukan hanya pada masalah induk yang tidak mau menyusui atau kondisi melahirkan dengan anak yang cukup banyak.

kelinci cantik Penyapihan oleh Manusian adalah Penyebab Kematian Massal Pada Kelinci dijual diaman

Perbedaan Induk dan Manusia.

Kasus ini sama dengan sebaiknya memberikan sesuatu hal kepada ahlinya. Pemeliharaan anak kelinci dengan bantuan manusia memang dapat dilakukan namun pasti akan ada perbedaan yang dirasakan oleh kelinci ketika dirawat oleh induknya. Kondisi psikologis anak selalu membutuhkan kasih sayang dari induknya, hal ini terjadi secara naluriah dan alamiah untuk semua mammalia termasuk kelinci. Perubahan sentuhan dan jumlah susu tidak bisa ditaksir secara detail oleh manusia oleh karena melakukan pengambilan anak pada induknya dengan harapan kelinci dapat melahirkan dengan cepat adalah hal yang keliru. Beberapa hal penting dibutuhkan untuk mampu membesarkan kelinci tanpa induk agar tidak stress

Beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang anak kelinci pada saat dipisahkan dengan induknya. Serangan Pasteurella multocida dan juga enterotoxemia dapat menyerang anak kelinci. Stress berlebih juga merupakan gangguan yang paling sering muncul pada saat anak kelinci tidak disusui oleh induknya aslinya. Hal ini pula yang mendasari bahwa pembelian kelinci dibawah usia 3 bulan sangat tidak disarankan karena memiliki resiko kematian mendadak lebih besar

Posting Komentar untuk "Penyapihan oleh Manusian adalah Penyebab Kematian Massal Pada Kelinci"