Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Cara Merawat Kelinci Anggora Agar Tidak Cepat Mati

Tips dan Cara Merawat Kelinci Anggora Agar Tidak Cepat Mati

Cara Merawat Kelinci. Kelucuan dan bentuk imut dari kelinci Anggora, terutama pada bagian bulu membuat banyak orang tertarik untuk memelihara kelinci ini. Bulu yang yang panjang dan lebat sangat menggemaskan lumayan untuk dijadikan penghilang stress, namun siapa sangka hewan ini termasuk salah satu jenis hewan yang sangat ribet, dan juga cepat mati, tidak jarang banyak pemilik dari kelinci anggora merasa kecewa ketika kelinci Anggora mereka tidak berumur panjang alias cepat mati. Hal ini terjadi terutama bagi mereka yang salah melakukan perawatan dan penanganan pada saat memelihara kelinci Anggora. Nah oleh karena Kelinci Hare akan memberikan sedikit penjelasan mengenai tata cara merawat dan memelihara kelinci hias jenis Anggora.

Kandang Kelinci Anggora

Memelihara kelinci anggora biasanya banyak dinikmati oleh para hobies sehingga perawatan kelinci Anggora sebagian besar dilakukan di rumah, bukan di peternakan kelinci. Kandang kelinci harus diletakkan sesuai dengan kebutuhan kelinci anggora yakni, Kering, Terkena cahaya matahari minimal 4 jam dalam sehari dan jauh dari jangkuan makhluk pengganggu seperti tikus dan anjing.Sirkulasi udara pada kandang kelinci harus lancar.

Letakkan kandang kelinci pada daerah terbuka dengan kondisi cahaya matahari tidak langsung namun masih terkena cahaya. Biasanya kandang kelinci di letakkan di dekat jendela agar terkena sinar matahari dan juga mendapatkan sirkulasi udara yang baik, namun tetap perlu diperhatikan ketika hujan. Usahakan air hujan tidak tempias masuk di kandang kelinci.

Lantasi alas kandang sebaiknya terbuat dari bak yang terisi tanah dengan ketebalan lebih dari 20 cm. Ketebalan ini cukup baik untuk menjaga kotoran kelinci yang berbentuk cairan untuk meresap dan tidak menghasilkan bau, namun jika tidak bisa sediakan daerah privat untuk kelinci seperti kamar yang membuat kelinci tidak terlihat ketika sedang beristirahat. Periksa kamar ini agar tidak terserang penyakit sebisa sirkulasi pada daerah ini juga terjaga.

Ukuran kandang kelinci juga sangat perlu untuk diperhatikan. Sediakan paling tidak berukuran 120 x 100 cm agar kelinci bisa bergerak bebas di dalam kandang. Jika ukuran tidak bisa dipenuhi sebaiknya anda harus rutin untuk mengeluarkan kelinci Anggora anda agar bisa bermain di lapangan terbuka. Kelinci harus tetap berjalan, lari, berdiri dan loncat agar otot-otot tetap terjaga dan sehat. Kelinci yang kurang bergerak cenderung mudah stress. Kelinci Stress akan ditandai dengan penurunan nafsu makan dan tidak boleh dibiarkan.

Tips dan Cara Merawat Kelinci Anggora Agar Tidak Cepat Mati LUCU



Makanan dan Minuman Kelinci Anggora

Kebanyakan kegagalan dalam merawat kelinci Anggora disebabkan oleh kesalahan pemberian pola makan. Makanan yang diberikan harus memiliki pola yang sesuai dengan kebutuhan dari diet kelinci. Jangan terlalu banyak memberikan makanan adalah saran utama setelah larangan memberikan makan yang terlalu sedikit. Pemberian pola makan paling tidak dilakukan dua kali sehari yakni pada pagi sekitar pukul sembilan dan juga sore menjelang malam. Jumlah makanan yang diberikan pada malam hari harus lebih banyak dibandingkan siang hari mengingat kelinci anggora lebih aktif di malam hari daripada siang hari.

Jenis pakan yang baik untuk kelinci Anggora adalah Rumput terutama jenis rumput timothy. Salah satu kesalahan yang paling fatal pada saat memelihara kelinci adalah memberi pakan kangkung dan wortel dalam jumlah banyak. Kangkung menghasilkan banyak gas ketika berada pada usus kelinci. Kelinci yang tidak mempunyai lambung akan mengalami masalah dengan gas ini sehingga mengganggu sistem pencernaan. Selain dari kangkung, Pelet kelinci juga tidak terlalu disarankan oleh karena selalu sediakan rumput atau jerami untuk kelinci hias anda. Pemberian pelet hanya dilakukan jika memang mencari rumput sangat susah.

Kelinci juga makhluk hidup yang membutuhkan air oleh karena selalu sediakan air pada kandang kelinci. Jangan percaya dengan mitos kelinci tidak butuh air, karena mitos terbukti berakibat buruk pada kelinci. Berikan air minum dari botol dan jangan biarkan air minum dengan wadah terbuka karena debu dan kotoran bisa saja hinggap di dalam air.

foto rumput Timhoty pakan kelinci sehat contoh makanan kelinci


Perawatan Lain

Kelinci anggora adalah hewan dengan karakter bulu lebat dan halus. Kemungkinan untuk terserang rambut Gimbal. Salah satu cara untuk menghindari bulu gimbal adalah dengan cara menyisir kelinci, namun kelinci adalah hewan yang tidak suka untuk terlalu lama dipegang, salah satu caranya dengan membiasakan merawat kelinci dengan baik. Mengajari kelinci untuk terbiasa disisir dengan cara dilakukan rutin dan bertahap. 

Perhatikan kutu dan penyakit scabies pada kelinci. Kedua penyakit adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit. Ciri-ciri penyakit ini adanya luka pada kulit kelinci yang ditandai dengan kebiasaan kelinci suka menggaruk dengan kuat. Sebelum kulit kelinci rusak segera lakukan penanganan oleh ahli seperti dokter hewan. Penyakit tidak akan hilang dengan pembiaran.

Posting Komentar untuk "Tips dan Cara Merawat Kelinci Anggora Agar Tidak Cepat Mati"