Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Pakan untuk Anak Kelinci Usia 2 Bulan

4 Jenis Makanan Anak Kelinci pada kurang dari 2 bulan

Kelinci Hare. Pada saat anda berhasil membuat kelinci anda melahirkan, Usia dua bulan adalah awal dari kehidupan kelinci yang artinya kelinci tidak akan disapih lagi oleh induknya, oleh karena itu makanan utama saat itu harus didapatkan sendiri oleh kelinci muda. Pemilihan makanan yang tepat dan sesuai dengan kemampuan mencerna makanan membuat kelinci akan tumbuh sehat selaiknya kesalahan dalam memilih makanan akan membuat kelinci susah tumbuh gemuk dan tetunya sangat merugikan peternak terutama bagi peterna kelinci pedaging.

Saran yang paling awal adalah pemilihan pakan lunak dan lembut sehingga gigi gigi kelinci terhidar dari ngilu dan perih saat mengunyah makanan teserbut. Adapaun beberapa pakan yang baik untuk kelinci usia dua bulan sebagai berikut.

4 Jenis Makanan Kelinci pada kurang dari bulan


Sayuran Hijau

Pakan alami kelinci dewasa adalah rumput teki dan rumput thimoti namun kondisi lambung dan gigi kelinci usia muda belum begitu cocok. secara alami kelinci di alam akan selektif terhadap makanannya karena adanya ruang gerak bagi kelinci untuk memilih rumput yang akan dikonsumsi, namun pada kondisi dalam peternakan atau peliharaan, kelinci hanya akan makan apa yang tersedia di kandang. Hal ini tentu saja berdampak buruk terhadap pencernaan kelinci muda,

Sayuran hakikatnya tidak begitu baik untuk kelinci karena mengandung gas berlebih namun karena tidak ada pilihan rumput yang memadai maka solusi yang paling aplikatif adalah sayuran. adapaun jenis sayur yang dipilih beraasal dari jenis kangkung, sawi putih, kol dna sawi hijau. Jenis sayuran ini bisa diganti namun ke empat sayuran tersebut adalah jenis sayuran yang paling mudah didapatkan di penjual sayuran di pasar. Tipsnya adalah meberikan sayuran tersebut pada saat kering jangan pada saat basah karena ada kemungkinan air yang digunakan untuk mencuci sayur mengandung bakteri penyebab diare.

Dedak, Voer ayam dan Ampas Tahu.

Voer ayam mengandung kandungan gizi yang sangat bagus untuk kesehatan kelinci di usia dua bulan. Pemberian Voer ayam dapat merangsang pertumbuhan kelinci karena lemak dan protein hewani jauh lebih mudah diserap. Jika anda kesulitan menemukan Voer Ayam, pakan ini dapat diganti dengan ampas tahun dan campiran dedak. Pemberiannya dilakukan secara reguler di pagi hari saja sedangakan sore hari harus diberi rumput yang masih muda untuk membiasakan kelinci memakan makanan alami. 

Umbi-Umbian

Beberapa macam Ubi-umbian cocok untuk pencernaan kelinci seperti wortel, kentang, ubi dan singkong. Saran yang paling baik adalah memberikan wortel kepada anak kelinci namun harus terlebih dahulu dipotong kecil-kecil karena bentuk morofologi dari rahang kelinci yang belum bisa terbuka lebar akan menyulitkan untuk memakan wortel dalam ukuran besar.

Sisa Buah-buahan.

Mengapa sisa buah-buahan? bukannya buah. Alasan tidak lain adalah alasan ekonomis dan tentu saja jika punya banyak uang memberikan buah segar juga tidak menjadi masalah. Kebiasaan kita tidak menghabiskan buah dapat dimanfaatkan dengan memebrikannya kepada kelinci anda. Hanya saja perlu diketahui beberap jenis buah yang tidak cocok untuk anak kelinci. Sebaiknya buah yang diberikan tidak mengandung banyak gas karena tidak sehat untuk pencernaan kelinci.

2 komentar untuk "4 Pakan untuk Anak Kelinci Usia 2 Bulan"