Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Cara Merawat Kelinci Berbulu Panjang

Cara Merawat Kelinci Berbulu Panjang

Cara Memelihara Kelinci. Kelinci Anggora, Fuzzy Loop, Jersey Wolly dan Lion Head merupakan kelinci lucu dengan bulu panjang yang imut. Namun untuk menjaga bulunya tetap indah dibutuhkan perawatan khusus yang berbeda dengan bulu pada kelinci berbulu pendek. Perawatan yang tepat akan menjaga keindahan bulu kelinci, namun keliru dalam merawat kelinci berbulu panjang berdampak pada rontoknya bulu kelinci anda.

Pada dasarnya kelinci baik kelinci berbulu panjang maupun kelinci berbulu pendek akan terus menerus merontokkan bulunya dan menggantinya dengan bulu yang baru. Bulu yang tidak rontok akan memengaruhi bulu baru yang akan tumbuh. Menyikat atau menyisir bulu kelinci akan membantu menghindarkan kelinci anda dari bulu gimbal.

Kelinci lucu dan imut

Sikat yang dibutuhkan oleh kelinci adalah sikat khusus yang terbuat dari besi. Hal ini karena tebalnya bulu kelinci sehingga sikat dari plastik tidak akan mempan kepada kelinci anda. Namun tidak semua sikat besi cocok untuk kelinci anda, membeli sikat pada pet shop adalah hal yang terbaik yang anda lakukan, karena mereka memang menyediakan sikat khusus hewan peliharaan termaksud kelinci anda.

Berikut ini cara merawat kelinci berbulu panjang

1. Hindarkan kelinci anda dari lingkungan yang panas.
Kelinci Berbulu panjang adalah proses adaptasi kelinci dengan suasana dan kondisi cuaca yang dingin bahkan ekxtrim. Jika kondisi cuaca yang dialami oleh kelinci panas maka kelinci akan beradaptasi dengan merontokkan bulunya. Karena di Indonesia memiliki cuaca yang lumayan panas makan satu-satunya cara terbaik untuk menghadapi ini adalah menyisir kelinci.

2. Grooming.
Memandikan kelinci peliharaan dan menyisir bulu adalah suatu keharusan. Bulu kelinci yang jarang di Grooming akan berubah menjadi gimbal dan kusut. Menyisir dapat menghindarkan bulu kelinci anda dari kusut dan juga gimbal

3. Moulting.
Moulting adalah proses natural dimana kelinci bahkan hampir seluruh hewan berbulu tebal) anda akan menggugurkan bulunya secara periodik. Biasanya pengguran bulu kelinci terjadi setiap 3 bulan dan bahkan lebih. Tidka ada cara untuk mencegah moulting, namun pemberian vitamin dapat membantu proses moulting berjalan cepat.

4. Berikan Hay sebagai akan Utama
Kelinci dapat mebersihkan dirinya sendiri dengan cara menjilati bulu, namun karena kelinci adalah hewan yang tidak bisa muntah makan bulu didalam perut kelinci akan sulit untuk keluar. Di Alam liar tubuh kelinci di desain untuk memakan hay dan rumput kering karena hal ini dapat membantu kelinci menghacurkan bola-bola bulu yang ada dalam perut dan mengeluarkan dalam bentuk kotoran.

Demikianlah sedikit tips dari saya tentang Tips dan Cara Merawat Kelinci Berbulu Panjang. SIlahkan kunjungi artikel lain dalam blog ini mengenai kelinci anda.

Posting Komentar untuk "Tips dan Cara Merawat Kelinci Berbulu Panjang"