Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencegah Penyakit Menular Kelinci Pada Manusia

Cara Mencegah Penyakit Menular Kelinci Pada Manusia

Cara Merawat Kelinci. Kelinci adalah binatang yang lucu yang bisa jadi salah satu binatang yang ingin dijadikan sebagai teman bermain anak di rumah. Namun dalam memelihara kelinci kita harus memperhatikan kesehatan dari kelinci karena ada kemungkinan kelinci menularkan penyakit ke manusia. Pada artikel berikut ini saya akan menjelaskan mengenai cara mencegah penyakit menular yang dapat menjakiti manusia ketika memelihara kelinci.

Gambar Kelinci Cantik lucu dan imut

Usia kelinci peliharaan

Pada saat menentukan jenis kelinci peliharaan yang ingin dipelihara sebaiknya membeli kelinci yang memiliki usia lebih dari dua bulan. Pada usia ini kelinci kelinci sudah mampu untuk bergerak dan mencari makan secara alami. Pemelihara kelinci hanya perlu untuk memberikan makan secara rutin dan melatih gerak kelinci anda. 

Selain dari faktor mencari makan, kelinci usia dua bulan sudah memiliki sistem imun yang baik dan juga hampir menyerupai kelinci dewasa oleh karena itu kelinci tidak mudah tertular penyakit. Kelinci yang mudah tertular penyakit akan memberikan resiko penyakit menular yang lebih tinggi ke manusia.

Menjaga Kebersihan Lingkungan Kandang Kelinci

Pada saat memelihara kelinci, Kandang adalah tempat kelinci akan menghabiskan sebagian besar waktu untuk beristirahat dan beraktifitas. Kebersihan kandang kelinci akan menjadi faktor yang sangat penting baik bagi kesehatan kelinci dan kesehatan anda.

Kandang kelinci yang baik harus memiliki sistem sirkulasi udara yang baik. Memelihara kelinci dengan kandang yang terbuat dari rank akan memberikan sirkulasi udara yang baik. Jika sirkuliasi udara tidak begitu baik makan kemungkinan sumpat dan lembab akan menyerang kandang kelinci. Pada keadan ini kelinci akan susah untuk bergerak dan kemungkinan terserang scabies dan anorexia akan lebih besar.

Kandang kelinci harus di atur agar memiliki tinggi lebih dari panjang badan kelinci. Hal ini akan melatih kelinci anda agar terbiasa berdiri. Kelinci yang tidak pernah berdiri akan berdampak pada busuknya kaki kelinci dan juga akan berdampak pada kesehatan kelinci yang mudah terkena Stress.

Cuci Tangan dan Gunakan Sarung Tangan

Pada saat membersihkan kadang kelinci, kemungkinan bersentuhan dengan bakteri dari kotoran kelinci sangat besar sehingga dibutuhkan sarung tangan dan masker penutup hidup. Nakteri yang ringan akan beterbangan dan masuk ke dalam pernafasan.

Pada saat selesai bersentuhan dengan kelinci baik membersihkan kandang maupun memegang kelinci harus mencuci tangan, terutama pada saat makan dan minum. kelinci yang tampak bersih tidak berarti bebas dari bakteri. Manusia sendiri tidak bisa melihat bakteri secara langsung oleh karena mencuci tangan setelah berinteraksi dengan kelinci adalah hal yang wajib.

Posting Komentar untuk "Cara Mencegah Penyakit Menular Kelinci Pada Manusia"