Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Pakan Alami Cadangan Paling Cocok untuk Ternak Kelinci

Jenis Pakan Alami Cadangan Paling Cocok untuk Ternak Kelinci

Cara Merawat Kelinci. Pada beberapa artikel di Blog selalu berusaha meyakinkan anda bahwa pakan yang paling baik untuk kelinci anda adalah Rumput karena kaya akan serat dan juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh kelinci anda. Namun pada saat memelihara kelinci pasti akan ditemukan kendala seperti kekurangan pasokan rumput nah maka dari itu saya ingin berbagi beberapa jenis pakan yang cocok untuk kelinci anda pada saat musim paceklik rumput.

Ada banyak jenis makan cadangan untuk kelinci seperti pelet akan tetapi pada artikel ini saya ingin berbagi pengalaman pada saat merawat ternak kelinci. Adapun pakan tersebut adalah:
  1. Bekatul berbahan padi
  2. Ampas Tahu
  3. Campuran antara ampas tahu dan bekatul
  4. Ubi jalar.
Tentu saja proses pemberian makanan cadangan ini tidak berjalan mulus begitu saja. Beberapa pengalaman saya menunjukkan bahwa pakan tersebut terkadang sama sekali tidka disentuh oleh kelinci. Hal ini bisa disebabkan oleh selera makan kelinci atau karena kebiasaan kelinci mengingat kelinci bukanlah manusia yang makan karena kebutuhan, Kelinci akan dengan pertimbangan rasa. Dari pengalaman tersebut saya menggunakan beberapa tips yang sebenarnya hanya berdasarkan coba-coba dan alhamdulillah sampai saat ini belum ada masalah yang berarti terkait masalah kesehatan kelinci.
 
Jenis Alami Pakan Alami Cadangan Paling Cocok untuk Ternak Kelinci
 
Salah satu solusi untuk membuat kelinci doyang dengan pakan tersebut adalah dengan cara menambahkan gula merah pada pakan kelinci. Gula merah atau gula jawa tidak memiliki potensi bahaya pada kelinci terutama pada saat penambahan gula pada jumlah kecil. Campur sedikit ampas tahu yang anda gunakan dengan gula jawa kemudian aduk sampai rata. Campuran dari gula jawa sebaiknya dalam jumlah kecil saja. Sedangkan pada bekatul pemberian gula merah harus direbus terlebih dahulu hingga mendidih kemudian dicampur dalam keadaan panas.

Campurkan sedikit gula merah untuk menambah rasa dari pakan cadangan anda. Namun ingat campurkan hanya sedikti saja sebagai perasa pakan.

Untuk ubi jalar, pemberian gula merah harus dalam jumlah yang sedikit karena ubi jalar sendiri sudah memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Untuk kelinci ternak dengan usia panen pendek, pemberian gula berlebih tidak menjadi masalah akan tetapi pada kelinci hias tentu saja ada dampak jangka panjangnya. Sayangnya saya (admin1) tidak memelihara kelinci hias jadi tidak bisa memberikan gambaran mengenai pengaruh pemberian gula dalam jangka panjang.

Posting Komentar untuk "Jenis Pakan Alami Cadangan Paling Cocok untuk Ternak Kelinci"