Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Rumput sebagai Pakan Alami Kelinci

Jenis Rumput sebagai Pakan Alami Kelinci

Merawat Kelinci. Kelinci adalah hewan herbivora yang memakan Rumput sebagai bahan makanan utama namun tidak berarti seluruh jenis rumput boleh dijadikan sebagai bahan makanan kelinci. Ada beberapa pertimbangan yang harus dimasukkan pada saat memberi pakan ke kelinci anda, misalnya texture dari rumput dan juga pertimbangan rasa. Beberapa peternak kelinci menganggap bahwa seluruh hewan herbivora boleh memakan jenis rumput yang sama. Misalnya rumput yang disarankan untuk sapi juga baik untuk kelinci, kambing dan domba padahal sistem pencernaan dari masing masing hewan belum tentu sama.

Untuk beberapa saran rumput yang boleh diberikan kepada kelinci, data yang berhasil dihimpun dari beberapap peternak di Pulau Jawa menunjukkan bahwa pakan kelinci yang disarankan adalah jenis  patikan kebo, patikan cina, tempuyung, dandelion, sintrong, legetan, bandotan, mangkokan, rumput gulma tegalan dll. Selain dari rumput tersebut jenis rumput Gulma ajuga boleh dijadikan makanan seperti jenis rumput Sintrong, Legetan dan bandotan. 

Khusus untuk rumput tipe Legetan adalah jenis rumput yang sangat disukai oleh kelinci. Pemberian jenis rumput Legetan boleh diberikan dalam jumlah banyak karena jenis rumput ini sangat cocok untuk pakan kelinci. Rumput lagetan biasanya tumbuh dipinggir jalan dengan bunga ukuran kecil berwarna kuning. Namun jika ditanya mengenai jenis rumput terbaik untuk kelinci. Rumput Thimoti adalah jenis rumput yang baik.

Jenis Rumput sebagai Pakan Alami Kelinci

Perhatian!!! Beberapa peternak kelinci sangat tidak menyarankan pemberian rumput Gajah pada kelinci. Selian rumput gajah, setaria dan Alang-alang juga harus dihindari karena teksture dari rumput yang sangat keras namun untuk bungan rumput gajah (Kalau ada) boleh diberikan untuk kelinci

Posting Komentar untuk "Jenis Rumput sebagai Pakan Alami Kelinci"