Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kajian Buku: TERNAK UANG BERSAMA KELINCI DAN KELINCI DOMESTIK

TERNAK UANG BERSAMA KELINCI DAN KELINCI DOMESTIK

Cara Merawat Kelinci.  Kali ini saya ingin berbagi pengalaman dari mebaca buku yang dibuat oleh Faiz Manshur dengan judul "TERNAK UANG BERSAMA KELINCI DAN KELINCI DOMESTIK". buku ini memberikan gambaran mengenai tata cara beternak kelinci mulai dari awal hingga akhir. Termasuk salah satu buku lengkap disertai panduan yang disampaikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh para peternak pemula.

Kajian Buku: TERNAK UANG BERSAMA KELINCI DAN KELINCI DOMESTIK

Bagian Pertama,- Pada bagian pertama menceritakan tentang sejarah hewan kelinci mulai dari waktu kelinci dijinakkan oleh manusia sampai kelinci yang saat ini kita kenal. Pembahsan tentang sejarah kelinci memberikan gambaran dasar mengenai garis besar usaha kelinci yang nantinya akan anda tangani jika berniat terjun pada uisaha ternak kelinci.

Bagian kedua mengulas karakter hidup dan kondisi fisik kelinci. Berbekal kajian yang mendalam soal biologi dan psikologi buku ini mengajak kita menyadari bahwa kelinci bukanlah jenis hewan yang bisa diperlakukan semau gue. Kelinci membutuhkan perhatian khusus untuk melangsungkan kehidupannya. Perlakuan kebanyakan orang menganggap kelinci sebagai hewan ternak selama ini telah banyak membuat peternakan gagal. Akibatnya; pemiliknya sedih, karena kelincinya bernasib tragis. Seperti anak-anak manusia, ternyata kelinci memang membutuhkan perhatian khusus dengan pendekatan psikologi.

Bagian ketiga kita akan diajak mengenal sisi kehidupan seksualitas dan pertumbuhan kelinci. Lagi-lagi kelinci telah membuktikan dirinya sebagai hewan unik yang berbeda dengan hewan lain. Siklus hormon seksual misalnya, sangat kontras berbeda dengan hewan ruminansia lainnya. Salah memperlakukan kelinci fatal akibatnya. Kegagalan pengembangbiakan yang selama ini terjadi karena para pemelihara kelinci tidak melihat aspek mendasar dari sisi biologis ini. Perhatian khusus dan tepat harus dilakukan jika ingin sukses beternak.

Bagian keempat. Setelah mengenal karakter dan biologisme kelinci pada bagian keempat kita akan diajak mengenal sisi dalam bagian pencernaan. Lagi-lagi, kelinci memiliki sistem pencernaan yang berbeda dengan hewan lain. Kesalahan menyajikan makanan sering kali berakibat menurunnya produktivitas. Tak jarang kelinci yang tidak memperoleh pasokan nutrisi yang baik sering kali mudah mati. Bagian ini mengulas seluk beluk sisi dalam pencernaan kelinci yang harus diketahui pembaca. Sekalipun bukan perkara sulit, tetapi membutuhkan pemahaman mendasar agar kelinci kesayangan Anda mendapat pasokan nutrisi yang seimbang.

Bagian kelima memberikan penjelasan mengenai tata kelola hidup kelinci serta perawatan kelinci di dalam kendang. Ini adalah sesuatu yang tak kalah penting. Membuat kandang kelinci secara asal-asalan akan membuat mereka stres dan tertekan. Kandang yang baik menjadi kebutuhan mendasar untuk kelangsungan hidup kelinci. Kelengkapan-kelengkapan kandang adalah suatu kebutuhan yang mesti dipenuhi. Bagaimana memenuhi kebutuhan rumah dan kandang kelinci yang tepat dan baik? Jawabannya ada pada bagian ini.

Bagian keenam,- bagian ini bagian yang paling krusial yang dihadapi oleh peternak pemula. Bagian ini membahsan tentang penyakit kelinci dan juga penyebab kematian mendadak kelinci. Kata kematian seringkali menjadi kata kunci dari pertanyaan ini. “Kenapa kelinci mati?” Jawabannya karena sakit. “Kenapa sakit?” Biasanya jawabannya geleng kepala. Hanya sedikit orang yang tahu masalah ini, yakni mereka yang sudah bertahun-tahun memelihara kelinci. Pengalaman satu dua tahun memelihara kelinci tak cukup menjadi bekal. Hanya melalui ilmu pengetahuan yang tepat masalah ini bisa dijawab. Ragam penyakit yang sebenarnya tidak berbahaya kadang dianggap berbahaya. Tragisnya, justru karena pengobatan yang salah membuat penyakit kelinci berkembang. Ada juga penyakit berbahaya tetapi dianggap sebagai penyakit ringan. Membaca bagian ini kita harus sabar dan telaten karena aneka ragam penyakit kelinci memang sangat kasuistis. Solusinya pun harus tepat. Tidak cukup mengobati kelinci dengan satu jenis obat, apalagi memakai jenis-jenis obat hewan lain. Pengenalan antibiotik alamiah maupun modern juga wajib diketahui kita semua.

Bagian ketujuh. Setelah urusan penyakit beres, kita akan diajak berkelana ke pemahaman potensi kelinci yang sangat luar biasa. “Tak ada yang tersisa dari kelinci” kata buku ini. Kelinci adalah makhluk spesial yang bisa membuat pemiliknya kaya-raya. Daging, pupuk, bulu, urin dan feses semuanya adalah harta berharga yang akan menjadikan setiap orang sukses meraup uang besar. Selama ini orang Indonesia menganggap potensi kelinci hanya dari satu dua sisi, padahal kalau kita mau cerdas, semua potensi itu bisa menjadi uang dalam waktu yang bersamaan.

Bagian kedelapan. Untuk meraih kesuksesan tentu saja dibutuhkan manajemen dan orientasi kerja yang baik. Potensi sebesar apapun tak akan jadi barang berharga jika kita tidak cerdas mengelola. Karena itu kita harus memiliki pemahaman yang terpadu dalam hal ini. Mitos-mitos kesuksesan dan kegagalan harus kita kenali. Pemberdayaan diri harus kita maksimalkan.

Bagian kesembilan pembaca akan mendapat panduan istilah-istilah peternakan, medis dan ilmu pengetahuan lain. Glosarium ini sangat membantu kita untuk memahami banyak hal yang sulit kita ketahui. Bagian ini memudahkan untuk berinteraksi dengan peternak lain melalui media online karen sering kali istilah yang digunakan bersifat kedaerahan sehingga ketika melempar isu di forum tidak satupun yang menunjukkan respon pada tread yang kita buat.

Posting Komentar untuk "Kajian Buku: TERNAK UANG BERSAMA KELINCI DAN KELINCI DOMESTIK"