Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Induk Kelinci tidak Mau Menyusui

Penyebab Induk Kelinci Tidak Mau Menyusui

Merawat Kelinci. Beberapa masalah sering sekali muncul pada saat memelihara kelinci terutama masalah pasca bayi kelinci lahir. Salah satu masalah yang paling sering muncul adalah kelinci yang tidak mau menyusui. Induk kelinci yang tidak mau menyusui bisa menjadi masalah yang sangat besar. Anak kelinci memang bisa disapih dengan menggunakan bantuan manusia dalam hal ini adalah peternak kelinci namun jika anak kelinci yang lahir dalam jumlah banyak akan menjadi masalah besar karena tidak akan nada waktu yang cukup.

Ketika anda dihadapkan dengan situasi induk kelinci tidak mau menyusui, maka lakukan segera pengambilan tindakan yang dianggap perlu jangan sampai menunda karena akan berdampak langsung pada anak kelinci anda. Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan setelah mendapati induk kelinci tidak ingin menyusui anaknya.

Perhatikan waktu-waktu dimana kelinci tidak ingin mau menyusui. Kebanyakan induk kelinci tidak mau menyusui bayi kelinci pada jam-jam tertentu. Bisanya pada saat sore menjelang malam kelinci akan menghindari menyusui anaknya dan ciri-cirinya adalah frekuensi menyusui anak kelinci dalam jumlah yang sangat sedikit. Jika masalah yang dianggap tidak mau menyusui pada kasus ini, berarti peternak kelinci tidak sedang menghadapi masalah kelinci menyusui. Kondisi  ini adalah kondisi alami dari kelinci.

Langkah pertama yang paling pertama pada saat menghadapi kelinci yang tidak mau menyusui adalah memastikan penyebab terjadinya masalah induk kelinci tidak mau menyusui. Untuk memastikan hal tersebut waktu yang paling mengamati kelinci adalah pada saat sore menjelang malam hari bahkan sampai subuh karena memang membutuhkan perhatian khusus untuk bisa menjadi peternak kelinci yang sukses. Jangan terburu-buru mengambil kesimpulan.
 
Foto Mengapa Induk Kelinci tidak Mau Menyusui

Penyebab kelinci tidak mau menyususi biasanya disebabkan oleh 3 hal yakni 


Mastitis,- Mastitis adalah sakit tersumbat-nya saluran susu pada kelenjar susu induk kelinci. Penyakit ini tidak disebabkan oleh faktor infeksi dan serang bakteri oleh karena beberapa metode pengobatan kadang tidak bekerja dengan baik pada penyakit hanya saja penanganan yang  paling cocok biasanya ditangani oleh parah ahli dengan memberikan terapi pada kelinci. Gangguan ini disebabkan oleh gangguan bentuk fisiologi dari kelinci sehingga obat terkadang tidak bekerja dengan baik pada gangguan Mastitis

Air susu kering,- Air susu kiring disebabkan oleh masalah gizi buruk pada saat kehamilan dan proses melahirkan dan pasca melahirkan. Masalah ini bisa diatasi dengan pemberian pakan yang mencukupi serta air minum pada saat proses melahirkan. Lengkapi kebutuhan serat dan juga karbohidrat kelinci agar air susu dapat diproduksi pada tubuh kelinci.

Stress,- Strees pada kelinci disebabkan oleh kurangnya pemahaman mengenai penanganan kelinci hamil. Masalah ini sangat sering dijumpai oleh peternak pemula, oleh karena sangat disarankan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya dari peternak kelinci lain yang sudah lama malang melintang di dunia peternakan kelinci,. Jika masalah ini benar-benar terjadi segera pisahkan induk kelinci dengan anaknya dan berikan susu secara manual atau dengan bantuan manusia karena stress akan berkembang menjadi masalah serius yakni kanibalisme.

7 komentar untuk "Mengapa Induk Kelinci tidak Mau Menyusui"

  1. Knp anak kelincinya suka diinjek ma induknya:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurt saya dari pertanyaan abang ayie, ada kemungkinan abang terlalu sering menengok anak kelinci yang baru lahir, padahal sebisa mungkin biarkan induknya yang merawat sendiri saja sampai usia dua bulan. tugas abang pastikan kalau induk kelinci punya banyak makan dan juga minum biar kuat merawat anak kelincinya

      Hapus
  2. Apa betul waktu kelahiran dalam 2 hari induk tidak menyusui anaknya

    BalasHapus
  3. Knp pas anknya mau nyusu induknya ngehindar terus itu selama 4 hari tapi anknya aman2 aja sehat2 aja?

    BalasHapus
  4. Kelinciku gak mau makan gak mau nyusui murung tudurnya miring matanya sayu itu kenapa gan

    BalasHapus
  5. Saya juga baru punya bayi kelinci 4, saya mulai keserang panik, kalau induknya ga mau menyusui, apa sy lebay, soalnya bayi kelinci pertama kali

    BalasHapus
  6. Klo kelinci baru melahirkan dipindah kandang apa masih mengenali anaknya

    BalasHapus