Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Persiapan Memelihara Kelinci Bagi Pemula

Panduan Persiapan Memelihara Kelinci

Merawat Kelinci. Hewan lucu berbulu lebat memang menjadi daya tarik sendiri bagi kelinci untuk dijadikan sebagai teman hidup di rumah. Kelinci bisa menjadi hewan peliharaan yang lucu terutama tipe kelinci hias. Pertumbuhan minat memelihara dan merawat kelinci hias di rumah sangat cepat terutama setelah kelinci bisa didapatkan di mana saja bahkan di pinggir jalan pada saat anda pulang ke rumah, namun sayangnya animo masyarakat yang besar tidak disertai dengan pengetahuan yang memadai tentang tata cara merawat kelinci hias di rumah. Akibatnya adalah banyak kelinci yang mati sia-sia atau bahkan para calon perawat kelinci akan kecewa karena kelinci mereka tidak bertahan lama.
Panduan Persiapan Merawat Kelinci Bagi Pemula

Menimbang masalah yang muncul seperti ini, tim Kelinci hare akhirnya menuliskan beberapa tips sederhana persiapan dalam merawat kelinci di rumah. Berikut ini beberapa tips sederhana yang saya berikan kepada anda agar bisa mempersiapkan kebutuhan merawat kelinci di rumah.
  1. Bacalah secara seksama mengenai tata cara merata kelinci bagi pemula baik melalui buku maupun internet. Untuk para pemula tidak salahnya membaca dari blog karena kebanyakan peternak atau komunitas pecinta kelinci tidak mampu untuk mengelola sebuah situs profesional sehingga hanya membagikan informasi yang mereka dapatkan dari Blog.
  2. Bergabunglah dengan komunitas pecinta kelinci yang biasanya selalu ngumpul di alun-alun kota anda. Paling tidak mereka akan memberikan berbagai jenis tips dan cara merawat kelicni secara detail yang mungkin dilupakan oleh para penulis pada saat menerbitkan buku atau artikel di Internet.
  3. Jangan memelihara kelinci dalam jumlah banyak sekaligus, terutama bagi pemula tapi jangan juga memelihara kelinci hanya satu ekor karena kelinci adalah hewan yang mudah dan bukan predator sehingga lebih nyaman hidup dalam komunitas.
  4. Perhatikan lingkungan di sekitar anda, kemudian catatlah hal-hal khusus seperti kelembaban rata-rata hal ini belum begitu penting untuk pemula), keadaan lingkungan, luas pekarangan, ketersediaan rumput dan air bersih, toko hewan terdekat dan juga dokter hewan. 
  5. Jangan malu bertanya dan catatlah setiap perubahan kecil pada saat anda sudah mulai merawat kelinci terutama pada bagian feses kelinci. Selain dari kondisi fisik, feses adalah indikator yang baik untuk menunjukkan kesehatan pencernaan kelinci.
  6. Sediakan kandang yang memadai dan juga kandang khusus untuk kelinci hamil dan menyusui. Jangan satukan kelinci hamil dalam satu kandang kecuali anda memelihara kelinci tipe ranch atau kondisi luas kandang terbuka dengan tanah terbuka paling tidak berukuran 3 x 5 meter.
  7. Belajarlah ilmu mengenai jenis-jenis rumput, karena pakan utama dari kelinci adalah rumput namun ada banyak jenis rumput yang tumbuh di sekitar rumah anda. Perhatikan secara seksama sebelum memberikan rumput tersebut.

Posting Komentar untuk "Panduan Persiapan Memelihara Kelinci Bagi Pemula"