Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Darurat Pengganti Rumput Pada Saat Merawat Kelinci

Pakan Darurat Pengganti Rumput Pada Saat Merawat Kelinci

Dzargon. Ada banyak dinamika yang ditemui pada saat pada saat memelihara, kelinci sakit, scabies, mencret atau bahkan masalah kecil seperti kehabisan pakan utama karena hari hujan lebat dan kendala kecil lainya. 

Beberapa peternak memiliki pola pemberian pakan pada kelinci bervariasi dan berbeda bergantung waktu. Pagi hari biasanya diberi pakan bekatul, apas tahu atau pelet. Kemudian pada sore hari pakan rumput diberikan dalam jumlah banyak karena kelinci adalah salah satu jenis hewan yang lebih aktif di malam hari dibandingkan siang hari. Akan tetapi pada kenyataannya terkadang sangat sulit untuk menyediakan rumput dan tidak dapat terpenuhi.

Pada keadaan tertentu jumlah pelet selalu berlebih karena sangat mudah membeli dan menyimpannya, sedangkan keberadaan rumput terkadang sangat susah. Pemberian pelet secara terus menerus tentu saja tidak baik bagi kesehatan pencernaan kelinci namun membiarkan kelinci kelaparan juga bukan keputusan yang bijak.

Pada saat peternak tidak bisa mengadakan kelinci di sore hari. Langkah yang paling tepat adalah menggantinya dengan pelet namun takarannya tentu saja tidak dalam jumlah banyak. Namun pemberian pelet tidak boleh dalam jumlah banyak. Pemberian pelet cukup sedikit saja kemudian diberikan pakan tambahan berupa rumput satu atau dua jam berikutnya. Rumput harus terus disediakan agar serat tetap terpenuhi.
hewan dan imut Pakan Darurat Pengganti Rumput Pada Saat Merawat Kelinci

Bagaimana jika keadaan sebaliknya hanya ada rumput tapi tidak ada pelet?

 Kelinci sebagai hewan herbivora justru memiliki makanan utama rumput. jika keberadaan rumput cukup banyak dan tersedia sepanjang tahun, sebaiknya kelinci diberi makan rumput saja dalam jumlah yang cukup banyak. Karena pencernaan kelinci yang cocok dengan texture dari rumput. Rumput tidak akan membawa masalah pencernaan sama sekali bagi kelinci kecuali ada gangguan dari rumput seperti hama atau pestisida dari rumput.

1 komentar untuk "Pakan Darurat Pengganti Rumput Pada Saat Merawat Kelinci"