Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peranan Pemberian Air Minum untuk Kelinci

Peranan Pemberian Air Minum untuk Kelinci

Memelihara Kelinci. Jangan heran jika anda mendapatkan saran mengenai kelinci dan air minum yang terlihat tidak masuk akal. Beberapa peternak kelinci tradisional sangat jarang memberikan air minum untuk kelinci mereka. Hal ini menunjukkan seolah-olah kelinci tidak membutuhkan air minum. Padahal faktanya, kelinci sama dengan makhluk hidup lainnya membutuhkan air minum terutama kelinci yang diberi pakan hay atau konsetrat / Pelet kelinci.

Kelinci putih Peranan Pemberian Air Minum untuk Kelinci




Air minum yang diberikan kepada kelinci harus dalam keadaan bersih dan terjamin dari penyakit. Sistem pemberian air minum juga harus diperhatikan sehingga kebersihan air minum tetap terjaga selama air berada dikandang. Menghindari pemberian air minum dengan wadah terbuka merupakan hal yang bijak karena dapat mengurangi mengendap-nya debu dan virus pada air minum. Menampung air minum dalam botol minum yang dirancang khusus untuk kelinci bisa menjamin kebersihan air minum kelinci paling tidak selama 1 sampai 2 hari. Botol air minum bisa menjamin kelinci tetap bersih dari kotoran kelinci.


Alasan mengapa kelinci membutuhkan air minum sebagai berikut:
  • Air minum digunakan oleh kelinci untuk membantu proses pencernaan
  • membantu proses metabolisme
  • Menjaga keseimbangan eletrolit dalam tubuh
  • Membantu penyerapan nutrisi bagi tubuh
  • Menghilangkan kehausan
Membandingkan pertumbuhan kelinci yang diberi air minum dan tidak diberi air minum sangat jelas. Sebagai contoh peternak yang memberikan air minum dan tidak memberikan air minum akan terlihat pada berat badan kelinci. Pertumbuhan kelinci yang diberi air minum tentu saja lebih baik dari yang tidak diberi air minum, namun akan timbul pertanyaan mengapa kelinci yang tidak diberi air minum masih dapat bertahan hidup?

Kelinci yang tidak beri air minum mendapat pasokan air bagi kelinci dari rumput yang mereka makan. Rumput segar paling tidak mengandung air sebanyak 60% sedangkan rumput kering yang kebanyakan diberikan peternak 15%. Kebutuhan air minum bagi kelinci paling tidak sebagai berikut:
  1. Induk kelinci hamil muda : 0,27 liter/hari
  2. Induk kelinci hamil tua : 0,57 liter/hari
  3. Induk kelinci menyusui 6 minggu : 2,3 liter / hari
  4. Induk kelinci menyusui 8 minggu : 4,5 liter / hari

Posting Komentar untuk "Peranan Pemberian Air Minum untuk Kelinci"